Pengertian, Jenis, Bahaya, Dan cara Menghidari Narkoba [LENGKAP]

Pengertian, Jenis, Bahaya, Dan cara Menghidari Narkoba [LENGKAP]

Pengertiaan Narkoba – pengertian narkoba secara garis besar mengacu pada singkatan yang mempunyai arti Narkotika dan Obat/Bahan Berbahaya.

Mungkin kalian juga sering mendengar kata napza, napza merupakan pengertian dari narkoba yang dipopulerkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pengertian Napza sendiri yaitu singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Gak usah binggung baik itu narkoba atau napza itu mempunyai makna yang hampir sama kok, keduanya mengacu pada kelompok senyawa yang membuat candu bagi pemakainya.

Sebenarya fungsi utama dari narkoba menurut pakar kesehatan yaitu untuk membius pasien yang mau dioperasi atau untuk obat-obatan tertentu, hal itu terjadi karena didalam narkoba terdapat senyawa-senyawa psikotropika.

Ya karena sekarang ini banyak orang yang salah mengartikan makanya banyak orang yang menggunakan obat-obat tersebut melebihi dosis tertentu, sesuatu yang seharusnya menjadi obat malah dijadikan menjadi racun.

Sampai sekarang ini ada sekitar 35 jenis narkoba yang menjadi konsumsi pemakai di Indonesia, mulai dari harga yang Cuma 1000-an hingga 300.000 perbutirnya seperti LSD. Jumlah narkoba sendiri di  seluruh negara mencapai angka 354 jenis narkoba.

Untuk pengekspor narkoba bagi negara kita terbanyak berasal dari negara Afrika Barat, Iran, Eropa dan yang paling-paling sering untuk merusak generasi bangsa kita berasal dari Indo China.

PENGERTIAN NARKOBA

pengertian-narkoba

Pertama kita bahas tentang pengertiannya dulu. Secara bahan bakunya zat atau obat terlarang tersebut terbuat dari tanaman atau bukan tanaman (sintesis atau semi sintetis), yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran bagi penggunanya atau sebagai penghilang rasa nyeri.

Dalam undang undang no 35 tahun 2009 yang berada di lampiran 1, jenis narkoba terbagi menjadi 3 golongan :

Jenis Narkoba dari Tanaman

Narkoba jenis ini berasal dari tumbuhan hidup sepeti ganja, opium mentah, opium masak atau jicing, damar ganja, kokain, papaver, dan morfina

Jenis Narkoba dari Sediaan

Narkoba jenis berbetuk seperti garam atau bubuk, perkembangan dari kokain atau morfina, dan perkembangan campuran sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut.

Jenis Narkoba dari Psikotropika

Narkoba jenis ini berbentuk zat atau obat, mempunyai efek psikoaktif yang berpengaruh pada sistem saraf pusat sehingga menyebabkan perubahan perilaku atau mental pemakainya.

Psikotropika terbagai menjadi 4 golongan sebelum dikeluarkannya UU no 35 tahun 2009, yang mengatur bahwa psikotrpaika golongan satu dan dua masuk kedalam golongan narkotika.

Jadi, pengertian psikotrapika yang menjadi 4 golongan tersebut seperti yang terdapat dalam UU no 5 tahun 1997 ialah sekarang hanya ada dua golongan yaitu :

  • Pil BK (sedatin), Valium, Shabu-shabu, Lycergic Syntetic Diethylamide (LSD), Fonobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Magadon dan lain sebagainnya.
  • Bahan lainnya yang seperti morfina atau kokaina yang bisa merusak sistem saraf pusat baik alami atau sintetis. Seperti alkohol, inhalen (bahan pelarut), lem/perekat, ether, aceton dan lain sebagainya.

 Pengertian Narkoba Menurut Para Ahli

Secara garis besar narkoba itu ya obat yang salah digunakan atau tidak sesuai dengan takaran (overdosis), tetapi agar kita tahu pengertian narkoba secara detail maka kita akan menyimak pengertian narkoba menurut para ahli seperti dibawah ini :

  1. Jackobus (2005)

Narkoba adalah obat/zat dari bahan tumbuhan atau bukan, yang menyebabkan penurunan kesadaran, hilang rasa, menghilangkan rasa sakit atau nyeri dan dapat menjadi ketergantungan atau candu bagi pemakainya.

  1. Wresniwiro (1999

Narkoba adalah obat/zata yang menyebabkan ketidak sadaran, karena zat tersebut mempengaruhi sistem saraf manusia.

  1. Wartono (1999)

Narkoba mempunyai dampak bagi tubuh antara lain menyebabkan gangguan konsentrasi, penurunan daya ingat bagi pemakai, dampak sosialnya yaitu menyebabkan kerusuhan di lingkungan dan masyarakat, dalam keluarga menyebabkan kerenggangan dengan orangtua, dan bisa menyebabkan kejahatan yaitu pencurian atau kejahatan lainnya.

  1. Ikin A.Ghani

Narkoba jika ditinjau dari bahasa berasal dari yunani yakni kata narkon yang mempunyai arti kaku atau beku. Sedankan dalam bahasa kedokteran mempunyai istilah Narcoseatau Narcicis artinya membiuskan.

Pengertian Jenis Narkoba

pengertian-jenis-narkoba

ada berbagai jenis narkoba mulai yang mempunyai dampak yang ringan bagi pemakai hingga kecanduan berat sehingga menyebabkan kematian, biasanya jika seorang sudah terkena narkoba maka akan sulit bagi dia untuk berhenti. Dibawah ini merupakan jenis jenis narkoba :

pengertian jenis narkoba morfin

ditinjau dari segi bahasa morfin mempunyai akar kata dari Morpheus yang berarti dewa mimpi, yaitu alkanoid analgesik yang ada di opium, morfin adalah jenis narkoba yang sesungguhnya sebagai obat penghilang rasa sakit, karena langsung bekerja pada sistem saraf pusat.

Biasanya orang yang menggunakan narkoba jenis ini mengalami penurunan kesadaran, euforia yang berlebihan, mulutnya kering serta warna mukanya berubah, seperti orang kebingungan dan dapat menyebabkan kemandulan karena pengguna mengalam gangguna menstruasi dan impoten.

Heroin atau putau

Heroin sendiri termasuk perkembangan narkoba jenis morfin, pengolahan morfin secara kimiawi membuat narkoba jenis ini, reaksi kimiawi tersebutlah yang menyebabkan heroin atau putaw ini lebih kuat daripada morfin, bahkan zat dapat menembus sampai ke otak kita.

Pengguna narkoba jenis ini lebih sering menyendiri, bahkan gangguan dari heroin dapat menyebabkan otat menjadi lemas, melambatnya denyut nadi, pupil mengecil dan tekanan darah rendah.

Jika seorang sudah menjadi pecandu dari heroin dia tak segan untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum seperti mencuri dan menodong.

Jenis Narkoba Kokain

Jenis narkoba selanjutnya ialah kokain, kokain sendiri termasuk kedalam tumbuhan coca yang terdapat di Amerika Selatan yagn bernama Erythroxylon.

Bagian daun yang dimanfaatkan oleh pengguna untuk mendapat efek stimulan dengan cara dikunya, karena didalam kokain dapat memicu percepatan  metabolisme sel dalam tubuh.

Maka dari itu banyak pengguna narkoba jenis ini karena dapat meyebabkan efek kegembiraan yang berlebihan. Tetapi dibalik itu terdapat banyak bahaya dari kokain sendiri mulai dari perasaan paranoid, emfisema atau kerusakan paru-paru, gangguan penglihatan dan seperti orang kebingungan.

Ganja atau Mariyuana atau Kanabis

Ganja merupakan tumbuhan budi daya yang sudah dikenal manusia sejak lama. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Cannabis Sativa atau Indica, merupakan jenis narkoba yang  menhasilkan zat narkotika dan serat yang berada di bijinya.

Penggunanya biasanya mengalami euforia atau kesenangan yang panjang tanpa sebab. Sebenarnya tanaman ganja pada zaman dahulu bagian seratnya digunanakan sebagai kantung sedangkan bijinya sebagai bahan dasar minyak, dan hanya dijumpai di negara-negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Tetapi dengan berkembangnya zaman ganja juga dapat hidup di negara yang beriklim dingin, caranya mereka mengembangkan narkoba jenis ini di rumah kaca.

Kandungan dalam ganja menyebabkan kecanduan bagi penggunanya, jika pengguna memutuskan untuk berhenti setelah menjadi pecandu maka dia akan sering sakit kepala, badan lesu seperti tidak punya tenaga dan lain sebagainya.

Pengertian Narkoba Opiat

jenis narkoba lainnya yaitu opiat atau lebih dikenal dengan nama opium. Opium berasal dari tanaman papaver somviferum, bentuk narkoba jenis ini berbentuk bubuk dan kandungannya dalam bidang kedokteran biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau bius bagi pasien yang hendak di operasi.

Narkoba ini bisa menjadikan seseorang merasa waktu di sekitarnya menjadi sangat lambat, meningkatkan semangat dalam hidup walaupun bersifat semu, tetapi dampak yang besar juga terdapat dalam opium seperti meras pusing atau mabuk hingga masalah kulit dan leher.

LSD atau Lysegic Acid / Trips / Tabs

Selanjutnya kita membahas narkoba yang harganya bisa dibilang mahal, yup narkoba itu ilah LSD, banyangkan 1 pilnya bisa mencapai 500 ribu rupiah, tak hanya berbentuk pil narkoba jenis ini juga biasanya berbentuk seperti selembaran kertas kecil atau kapsul

LSD termasuk kedalam golongan narkob jenis halusinogen, jenis narkoba yang menyebabkan pengguna merasakan halusinasi yang berlebihan mengenai berbagai peristiwa yang telah dialaminya mulai dari tempat, warna dan waktu. Tak hanya itu biasanya juga menyebabkan paranoid atau ketakutan yang berlebihan.

Jenis Narkoba Kodein

Selanjutnya kita membahas narkoba yang biasanya digunakan untuk obat batuk, jenis narkoba ini bernama kodein, efeknya membuat ketagihan bagi pemakainya. Hingga ingin mengkomsumsinya secara terus menerus.

Seperti layaknya obat, narkoba jenis ini menyebabkan kantuk, dan bagi pecandu dapat menyebabkan hipotensi, depresi euforia yang berlebihan hingga mengalami masalah pernapasan.

Ekstasi

Pengertian jenis narkoba selanjutnya ialah ekstasi, mungkin kalian sering dengat tentang narkoba jenis ini di televisi atau media cetak. Ekstasi merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan untuk obat bagi pengguna agar menjadi sangat aktif.

Nama lain dari ekstasi adalah inex atau Metamphetamines, biasanya berbentuk pil, serbuk atau tablet. Hampir sama dengan jenis narkoba lainnya, yakni menyebabkan peningkatan denyut nadi, euforia yang berlebihan dan perasan fly.

Dibalik semua itu terdapat bahaya yang sangat besar yaitu dapat merusak otak jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Pengertian Narkoba Jenis Sabu sabu

Nama sabu sabu mungkin sudah tak asing di telinga kita, Sebenarnya sabu-sabu merupakan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang tergolong parah, seperti hiperaktivitas atau narkolepsi (ganguan tidur, dimana sesorang bisa merasa kantuk pada siang hari dan dapat tiba-tiba tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat).

Narkoba yang mempunyai nama lain metamfetamia ini mempunyai resiko yang sangat berbahaya. Dalam jangka pendek pengguna yang menggunakan dapat halusinasi, insommia, paranoid,dan kecemasan. Jangka panjangnya dapat menyebabkan kerusakan hati, paru-paru dan jantung secara permanen.

Nipam

Pernah dengar kata pil koplo ?, dalam bahasa medisnya disebut dengan nama nipam, zat ini sebernanya digunakan untuk mengurangi anseitas ( kecemasan ), tetapi banyak orang yang salah menggunakan, biasanya nipam dikomsumsi bersamaan dengan minuman beralkohol.

Karena biasanya dicampur dengan minuman keras, menyebabkan pengguna seperti orang mabuk, jalan sempoyongan, bicara ngelantur, dan hilangnya kesadaran. Pemakaian nipam dalam jangka lama bisa  menyebabkan kerusakan organ dalam seperti jantung, hati, dan organ vital lainnya.

Pengertian Jenis Narkoba baru DMHP (Dimethylheptylpyran)

pengertian-narkoba-jenis-baru

Narkoba jenis ini hampir sama dengan ganja, yang membedakan hanya dari efek menyeramkan dari narkoba ini. Jika seseorang hanya menggunakan 0.0002 g maka dia akan mengalami euforia yang sangat berlebihan sampai tertawa dengan keras dan meringkik seperti keledai.

Apalagi jika diberikan 1mg. maka sang pemakai akan tertidur dan tidak bisa bangun selama 3 hari 3 malam. Tak heran jika narkoba jenis ini disebut sebagai rajanya ganja.

DMHP pertama kali di buat oleh para tentara AS untuk relaksasi atau mengatasi stress, tetapi karena efeknya yang menyeramkan maka produksi DMHP sekarang dihentikan, peredarannya sendiri dianggap illegal oleh pemerintah.

Pengertian bahaya atau dampak narkoba

bahaya-dan-dampak-narkoba

apa bahaya narkoba ?

jika kita belum tahu mungkin kita akan bertanya demikian. Jika kita menilik lagi keatas maka kita akan menemui bebera bahaya dari narkoba, dibawah ini merupaka pembahasan rinci tentang bahaya narkoba :

Menggangu kesehatan otak dan tubuh

Efek yang ditimbulkan dari narkoba yang pertama ialah pengguna akan mengalami kerusakan pada organ-organ dalam tubuh, seperti hati, jantung, paru-paru dan ginjal. Dalam jangka lama juga dapat mempengaruhi otak dan cara berpikir.

Oleh sebab itu banyak kita jumpai para pengguna narkoba yang sudah mengalami overdosis seperti orang yang linglung , tidak bisa menjalani kehidupannya dengan sehat dan sulit untuk mengambil keputusan yang benar.

Perubahan sel saraf dalam otak

Penggunaan narkoba dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan sel saraf dalam otak si pengguna. Dan mengakibatkan tergangunya komunikasi antar sel saraf dalam otak sehingga terkadang pengguna narkoba tidak bisa berpikir secara normal.

Hal yang lebih menyeramkan lagi yaitu jika pengguna narkoba memutuskan untuk berhenti mengkomsi narkoba maka efek dari obat-obatan terlarang itu tidak dapat sembuh dalam waktu yang singkat. Butuh waktu yang panjang agar pengaruh narkoba bisa hilang sepenuhnya.

Halusinasi

Bahaya narkoba selanjutnya yaitu halusinasi atau persepsi dalam keadaan sadar tetapi tidak dapat dirasaka oleh indra. Efek halusinasi biasanya ditemukan pada narkoba jenis mariyuanan atau yang lebih dikenal dengan ganja.

Jika sudah mengalami halusinogen maka pengguna akan mengalami paranoid atau ketakutan berlebihan, bahkan dampak lainnya yaitu dapat menyebabkan gangguan mental jika digunakan dalam waktu yang lama.

Kejang hingga kematian

Hal yang paling berbahaya dari narkoba ada banyak. Karena penyalahgunaan dari sabu sabu, kokain, ganja atau jenis lainnya dapat mengakibatkan perilaku psikotik ataupun kejang-kejang dan jika sampai overdosis maka kematian menjadi akibat yang paling berbahaya.

Di Indonesia sendiri, dalam setahun lebih dari 11.301 orang meniggal dunia atau sekitar 30 orang per harinya akibat barang haram tersebut. Hal yang lebih menyedihkan lagi penggunnya masih berusia muda atau bakal calon pemimpin bangsa.

Cara menghindari narkoba

cara-menghindari-narkoba

Dibawah ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga diri atau keluarga kita dari bahaya narkoba

Mengetahui dampak negatif dari narkoba

Dangan mengetahui dampak negatif narkoba kita dapat lebih mawas diri dan enggan untuk mendekati narkoba, banyak sekali dampak dari narkoba bagi kesehatan dan sosial. Dari kesehatan kita dapat mengetahui dampak beratnya yatiu kematian sedangkan dampak sosial penggun narkoba bisa menjadi gunjingan masyarakat sekitar hingga diasingkan dari masyarkat sekitar.

Menjaga pergaulan

Menjaga pergaulan merupakan hal yang perlu kita perhatiakan agar terhindar dari narkoba. Banyak sekali pemuda yang kehilangan masa depannya karena salah pergaulan, mereka biasanya terserat oleh teman sendiri untuk menggunakan narkoba.

Menghindari dunia malam

Cara menghindari narkoba selanjutnya yaitu menghindari dunia malam. Seperti yang kita tahu bahwa dunia malam sangat identik dengan hal-hal negatif mulai dari minuman keras, sex bebas hingga persebaran narkoba. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita menjaga diri kita agar tidak menggunjungi tempat-tempat yang tidak baik.

itulah beberapa penjelasan dari pengertian, jenis, dampak atau bahaya dan cara menghindari narkoba. share artikel ini agar dapat menyelamatkan kerabat terdekat kita

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Pengertian Narkoba

Tinggalkan komentar