Pengertian Musik – Menurutu Para Ahli, Jenis, Manfaat dan Fungsinya

Pengertian Musik – Menurutu Para Ahli, Jenis, Manfaat dan Fungsinya

Pengertian Musik – siapa sih yang kenal dengan musik, hampir semua golongan tahu tentang musik baik itu orang tua, remaja, dan anak anak. Mulai dari musik yang tenang seperti musik klasik ataupun musik yang keras seperti musik rock.

Kali ini kita akan membedah lebih dalam tentang apa sih pengertian musik, jenis-jenis musik, dan fungsi atau musik bagi kehidupan manusia. Dan berbagai penjelasan lain yang berhubungan tentang musik.

Pengertian musik secara umum

Secara umum musik memiliki pengertian sebuah irama, nada, dan keharmonisan yang tersusun dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama seperti gitar, piano dan alat-alat lainya sehingga menciptakan suatu bentuk seni yang indah.

Pengertian musik menurut para ahli

pengertian-musik

Banyak ahli yang menyimpulkan musik menurut gagasan mereka, selengkapnya dibawah ini

Adjie esa poetra

Beliau menjelaskan bahwa musik memiliki arti suatu bunyi yang teratur, tak hanya mempunyai sifat yang normal tetapi juga selaras berdasarkan perhitungan ahli fisika secara tempo, ritme, irama dan keharmonisan

Aristoteles

Filsuf dari yunani ini menerangkan bahwa pengertian musik yaitu bentuk ekspresi dari seseorang dengan mencurahkan tenaga dari gerakan rasa dalam suatu melodi atau rentetan nada yang mempunyai irama.

Banoe

Menurutnya musik sendiri berasal dari dewa mitologai yunani kuno yaitu dewa muse (dewa di bidang seni dan ilmu pengertahuan), pendapatnya mengatakan bahwa seni musik ialah bagian dari seni yang menerangkan tentang macam-macam suara yang berpola dan bisa dipahami manusia

David Ewen

Pengertian musik baginya yaitu suatu ilmu pengetahuan seni tentang kombinasi ritmik dan nada, dimana dalam melodi terdapat vokal atau instrumental yang diekspereiskan dengan emosional.

Dello Joio

Bagi kompunis asal amerika ini pengertian musik yaitu sebuah ilmu pengetahuan dan seni yang dapat menambahkan ilmu bagi pemainya, baik dalam ataupun luar ilmu musik.

Pengertian jenis jenis musik

pengertian-jenis-musik

Sebenarnya terdapat banyak jenis-jenis musik didunia ini tetapi kali kita hanya akan membahas musik musik yang populer di dunia dan digemari oleh banyak golongan, dibawah ini merupaka jenis musik yang populer :

jenis Musik klasik

Musik klasik biasanya identik dengan musik yang berasal dari dataran eropa, meskipun di beberapa daerah seperti persia, india, negara lain musik klasik juga banyak di jumapai. Musik klasik yang berada di daerah eropa terbagi dalam beberapa periode misalnya klasik,barok dan romantik.

Pada awal bermulanya musik klasik sebenarnya untuk kepentingan lagu di gereja atau untuk lagu saat pengiringan raja. Namun secara berkembangnya waktu musik klasik juga di gunakan untuk hal lain seperti visual audio.

Visual audio yang terkenal pertama kali adalah cat and mouse, yakni musik yang menggambarkan tentang kucing mengejar tikus.

jenis Musik jazz

Musik jazz merupakan gabungan dari beberapa genre musik seperti musik eropa, blues, dan ragritme. Sejarah awal musik Jazz yaitu gabungan antara musik eropa dengan musik afrika dan tenar di Amerika pada awal abad ke 20.

Jika kamu mendengarkan musik ber-genre jazz maka kamu akan mendapati improvisasi antara instrumen gitar, piano, saksofon, trombon dan terompet. Raisa dan juga Tompi merupakan salah satu penyanyi terkenal yang sukses membawakan musik jenis ini.

jenis Musik blues

Hampir mirip dengan musik jazz, musik blues berasal dan berkembang dari masyarakat afro-amerika yang berada di pedalaman amerika selatan pada akhir abad 19. Blues identik dengan sisi kesedihan dan melankolis didalam lagunya.

Di indonesia banyak sekali penyanyi yang membawakan genre musik ini. Kita mengenal slank sebagai band Indonesia termahal, salah satu lagunya yang bergenre blues ialah atas nama blues dan teng teng blues.

Penyanyi lain yakni titiek puspa, penyanyi yang tenar di era 60-an memiliki lagu blues yang tenar hingga sekarang seperti lagu berjudulapanya dong dan kupu-kupu malam

jenis Musik Punk

Jenis musik selanjutnya yaitu musik punk, aliran musik yang dikenal dengan ritme yang sering terpotong-potong singkat, suara perkusi yang dominan, pengaruh dari musik jazz yang kuat dan juga bunyi ritme gitar yang terasa tajam. Musik punk lebih banyak dipengaruhi oleh musik Afrika.

Punk merupakan aliran musik yang memberikan kesan gembira bagi mereka yang mendengarkanya, jenis musik ini berakar di Lousiana sekitar tahun 1960-an dan seiring berkembangnya waktu melahirkan jenis musik baru seperti P-punk dan Punk rock.

Musisi bergenre punk dari Indonesia yang terkenal yaitu salah satunya yaitu Superman is dead.

Musik Rock

Jika mendengar kata musik rock ini mungkin kita akan membayangkan tentang musik yang “keras”, sebenarnya musik rock bermula dari musik pop dan berkembang sekitar awal tahun 1950, musik rock berkembang dan melahirkan beberapa jenis musik baru seperti rock and roll, punk rock, hardcore, dan undergound.

Banyak musisi yang namanya besar karena musik rock seperti guns n roses, michael jackson, nirvana, avenged sevenfold, the beatles, dari Indonesia seperti netral, grup band yang terkenal dengan salah lagunya yaitu garuda di dadaku yang menjadi soundtrack film.

Musik pop

Jenis musik selanjutnya yaitu musik pop, genre musik terpenting dari permusikan, tetapi saat ini jiwa pop seakan-akan hilang karena para musisi yang banyak memadukan aliran musik lain kedalam lagunya, seperti genre pop rock, hip hop, pop country bahkan sampai pop dut (lagu pop yang diaransemen dengan dangdut).

Penyanyi terkenal yang menggunakan genre pop yaitu the king of pop atau lebih kita kenal dengan nama Michel Jackson, meskipun beberapa lagunya juga ada beberapa campuran lain. Peterpan atau sekarang yang kita kenal dengan nama NOAH juga merupakan grup band yang sukses dengan genre musik ini.

Rap

Pernah dengar penyanyi yang menyanyiakan lagunya dengan cepat, musik ini disebut dengan genre rap. Rapper merupakan istilah bagi musisi yang membawakan genre musik ini.

Meskipun terkadang intonasinya yang tergolong cepat tapi musik ini banyak disukai oleh berbagai kalangan, bahkan beberapa boyband atau girlband asal korea atau negara lain pasti menyelipkan rap dalam setiap lagunya.

Saykoji, young lex dan Iwa k merupakan beberapa tokoh rapper yang ada di Indonesia, sedangkan untuk rapper di dunia yang terkenal ada wiz khalifa dengan lagu see you again ft charlie puth dan akon dengan lagu lonely, dan banyak lagi rapper di dunia yang mempunyai karya luar biasa.

Metal hardcore

Genre musik ini lebih keras daripada rock, karena musik ini merupakan anak dari musik rock, meskipun ada beberapa grup band atau musisi yang beraliran metal membawakan lagu yang berkesan slow tetapi ciri khas dari musik ini masih sangat terasa dari sang vokalis.

Nama nama seperti deadsquad, burgerkill, siksa kubur dan grup band lain merupakan deretan nama yang menghiasi permusikan metal hardcore di negara Indonesia. Meskipun, genre musik ini masih belum bisa diterima oleh masyarakat umum tetapi banyak juga yang menyukai genre musik ini.

pengertian musik tradisional

musik-tradisional

musik tradisional merupakan musik yang diwariskan dari generasi secara turun temurun, hidup di masyarat sebagai sarana hiburan. Berbagai daerah mempunyai ciri khas tersendiri dan pengertian tentang musik tradisional masing-masing

dibawah ini adalah rangkuman dari ciri-ciri musik tradisional :

dipelajari secara lisan

karena di turankan secara turun temurun dari generasi ke generasi membuat pengajaran musik tradisional cukup hanya dengan lisan. Meskipun banyak golongan yang menganggap musik tradisional terkesan kuno dan ketinggalan zaman, tetapi sebagai bangsa yang mencintai budayanya, kita wajib tetap melestarikan musik tradisional.

Tak adanya notasi

Notasi atau lebih dikenal dengan penulisan musik (biasanya di lambangkan dengan not) tak berlaku dalam musik tradisional, karena penyampain musik tradisional secara lisan sehingga naskah musik atau partitur membuat hal tersebut tak terlalu berguna.

Karena hal tersebutlah membuat musik tradisional daerah tak mempunyai partitur notasi. Meskipun demikian tak semua musik tradisional tak mempunyai notasi, karena sekarang ini sudah banyak daerah yang menggunakan notasi.

Bersifat informal

Seperti fungsi musik lainya sebagai hiburan. Maka musik tradisional juga kerap digunakan sebagai sarana ekspresi masyarakat, berbagai kegiatan yang terkesan informal dan santai kerap juga disuguhi dengan musik tradisional

Tetapi musik tradisional lebih dikenal sebagai musik yang digunakan untuk adat atau suatu acara yang dilakukan di lingkungan kerajaan atau istana, hal ini karena beragam ikatan dalam acara atau adat tersebut yang mengharuskan adanya musik tradisional yang bersifat kompleks atau formal.

Budaya masyarakat

Karena kental dengan kemasyarkatannya maka dalam permusikan tradisional maka kita tak akan menjumpai pemain musik profesional atau spesialis tertentu di musik daerah, faktor generalisasi yang menyebabkan para pemain musik tradisional “harus” mempelajari segala instrumen dalam musik daerah tersebut.

Dalam syairnya juga kental dengan bahas daerah dan alat yang digunakan juga alat musik daerah seperti gamelan dalam masyarakat jawa. Musik tradisional merupakan bentuk kebudayaan dalam suatu daerah sehingga tak heran jika dalam musik tersebut banyak gambaran tentang kebudayaan masyarakat tersebut.

Pengertian musik modern

musik-modern

Pengertian dari musik ini yaitu telah mendapatkan sentuhan teknologi dalam segi instrumen, penyajian dan dasar musik itu tersendiri.

Musik modern akan terus mengalami perkembangan zaman dengan berkembangnya zaman itu sendiri, hal ini disebabkan karena musik modern bersifat universal sehingga semua orang, dapat mengerti dan menikmati musik tersebut.

Sesuai namanya musik modern setelah era musik klasik berlalu. Perbedaan besar antara musik modern dengan musik tradisional yaitu dalam komposisi seperti tangga nada, lirik, instrumen musik, notasi, ritme, dan lain sebagainya.

Keterbukaan musik modern menjadikan musik ini sangat digemari karena didalamnya tak ada batasan untuk berkreasi, tak ada batasan untuk mengeluarkan seluruh ekspresi dalam diri dan tak ada batasan dalam berkarya.

Musik diseluruh dunia ini sekarang lebih banyak dari golongan musik modern, musik yang kamu dengarkan di mp3 player, musik yang kamu dengarkan di televisi, dan musik yang kamu dengarkan di youtube atau situs streming lainnya.

pengertian musik komtemporer

musik-komtemporer

sebenarnya jenis musik ini merupakan istilah yang digunakan untuk musik modern, dalam bahasa Indonesia sendiri yakni suatu bidang kegiatan kreatif sedangkan dalam konteks bahasa inggris memilik musik baru.

Walaupun banyak kalangan yang setuju tentang kata kontemporer tetapi masih menjadi perdebatan manakah yang termasuk dalam musik komtermporer dan yang tidak termasuk, karena banyak opini mulai dari musisi hingga para pemikir yang mengartikan musik Komtemporer menurut persepsinya masing-masing.

Ada beberapa ciri ciri tentang musik komtemporer yakni melodinya yang lebih sedikit, suara perkusi dan alat musik tiup yang terkesan sangat banyak, penggunaan sitesis dan elektronik dalam aransemen musiknya, meskipun harmoninya tidak selaras atau disonan tetapi ritme didalamnya memilik ritme yang kompleks.

pengertian fungsi musik

fungsi-musik

secara umum musik untuk dinikmati oleh para pendengarnya, keindahan yang ada didalamya dan berbagia hal lain. Fungsi umum tersebut berubah menjadi spesifik dalam keadaan dimana musik tersebut dimainkan dan untuk apa musik tersebut.

Fungsi musik sebagai sarana mengekpresikan emosi dan suasana hati

Sebagai salah salah satu bentuk karya seni, musik mempunyai sesuatu yang spesial didalamnya yaitu himpunan nada harmoni yang indah dan enak didengar sehingga banyak orang yang meluapkan emosinya dengan mendengarkan musik

Salah satu contoh saat seseorang patah hati atau galau pasti hatinya akan menuntunnya untuk mendengarkan musik yang bernada slow, dan isi syairnya menyayat-nyayat hati. Hal ini disebabkan karena psikologis manusia yang dapat tenang dengan mendengarkan sesuai kehendak hatinya.

Begitu juga ketika kita sedang bahagia maka secara otomatis otak kita akan mengarahakan kepada musik yang didalamnya terdapat unsur bahagia. Meskipun tak sedikit manusia yang saat sedih mencari musik bahagia untuk membahagiakan dirinya.

Fungsi musik sebagai sarana pengobatan atau terapi

Berkembangnya ilmu pengetahuan membuat manusia semakin cerdas untuk mengobati suatu penyakit salah satunya dengan musik.

Dalam studi kasus yang di lakukan oleh Universitas Brunel London Barat, menunjukan bahwa musik dapat membantu daya tahan tubuh manusia hingga 15%, dan meningkatkan semangat serta efisiensi kerja sebesar 1%.

Fungsi lain bagi kesehatan yaitu terdapatnya efek tentram dalam alunan musik yang mampu membuat otak seseorang menjadi lebih prima, dan dapat berpengaruh positif pada :

  • Kemampuan berpikir dan mengambil solusi dalam masalah lebih jernih.
  • Menurunkan resiko kepikunan di hari tua
  • Meningkatkan rasa kreativitas
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat lebih tajam

Fungsi musik sebagai simbol sebuah budaya dan pemersatu bangsa

Umumnya masyarakat Indonesia pada setiap daerahnya mempunyai musik sebagai bagian dari budayanya. Musik pada setiap daerah mempunayai fungsi yang sangat penting karena berbagai adat istiadat membutuhakan musik sebagai syarat sahnya sebuah upacara adat.

Selain itu musik juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk pemersatu bangsa, seperti lagu kebangsaan kita yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman yakni Indonesia raya, dan juga lagu kebangsaan yang lain seperti dari sabang sampai merauke, satu nusa satu bangsa, padamu negeri dan lagu kebangsaan lainnya.

Fungsi musik sebagai sumber penghasilan

Seperti yang kita ketahui sekarang ini ada berbagai macam cara untuk menghasilkan uang, begitu juga dengan musik yang dapat digunakan untuk ladang bagi pekerja yang bergerak dibidangnya.

Banyak orang yang menjadi kaya, sukses dan terkenal dengan musik. Contoh pekerjaan yang begerak dibidang audio ini seperti musisi, penyanyi, pengarang lagu, disk jokey atau dj, dan masih banyak yang lainnya

Penghasilan yang dihasilkan juga tidak sedikit, bagi penyanyi yang terkenal dan sudah mempunyai nama besar pengahasilannya bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan lebih.

Itulah penjelasan mengenai musik lenkap, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Pengertian Musik

Tinggalkan komentar