Mengenal Lebih Dekat Tari Ratoh Jaroe dari Aceh

Mengenal Lebih Dekat Tari Ratoh Jaroe dari Aceh

Siapasih yang gak kenal dengan provinsi Aceh, salah satu provinsi yang terletak di paling ujung pulau Sumatera ini memang mempunyai beragam sejarah dan kesenian yang menarik untuk dibahas.

Salah satunya yaitu kesenian tari, bagi kalian yang belum begitu mengenal Aceh tentunya hanya mengetahui satu tarian saja yaitu tari Saman.

Tetapi tahukah kamu ternyata Aceh juga mempunyai tarian yang sangat terkenal lainnya, yaitu tari Ratoh Jaroe.

Di kutip dari neprona.com inilah penjelasan mengenai tari Ratoh Jaroe.

Daftar Isi

Tari Ratoh Jaroe

Mengenal Lebih Dekat Tari Ratoh Jaroe dari Aceh

Banyak orang yang menyangka bahwa tari Ratoh Jaroe merupakan tari Saman, ya hal itu gak salah sih. Karena jika diperhatikan tarian ini memang mirip sekali dengan tari Saman.

Terlebih pola tarian ini, tari Ratoh Jaroe juga menggunakan tangan sebagai gerakan utama sama seperti tari Saman.

Tetapi terdapat perbedaan mendasar antara kedua tarian tersebut yaitu jika tari Saman sangat dominan gerakan tangannya sedangkan tari Ratoh Jaroe mengkombinasikan antara kombinasi tangan dan juga badan.

Jika diibaratkan tari Saman dengan tari Ratoh Jaroe itu kembar tidak identik, hehehe.

Tari Ratoh Jaroe merupakan tarian yang memadukan antara gerakan tangan dan gerakan badan dengan formasi dan kekompakan para penari. Alunan dari alat musik rapa’i juga merupakan salah satu ciri khas dari tarian ini.

Tari Ratoh Jaroe sendiri mempunyai arti dzikir kepada Allah.

Tarian ini biasanya dibawakan oleh masyarakat Aceh untuk pertunjukan hari besar Islam seperti malam takbiran, Idul Fitri ataupun Idul Adha, Maulid Nabi, kenduri orang naik haji dan pesta pernikahan.

Demikian penjelasan mengenai tari Ratoh Jaroe salah satu tarian adat Aceh, semoga artikel ini dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *