Manfaat Merokok bagi Kesehatan, Tubuh, Wanita dan Negara

Manfaat Merokok – halo sobat sekalian kali ini kita akan membahas sesuatu yang sedikit rancu, ya kita membahas tentang manfaat merokok, mungkin dari kalian ada yang tidak setuju tapi tak apalah semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sebelum kita lebih jauh mebahas ini ada hal yang perlu diketahui bahwa rokok (cigarette) dan kretek (clove cigar) sangatlah berbeda, arti rokok disini ialah kretek, tetapi karena kretek kurang dikenal di dunia secara global maka di Indonesia kretek juga mempunyai arti yang sama dengan rokok, meskipun keduanya berbeda.

Rokok dibuat hanya menggunakan tembakau (sekarang ini rokok juga di campur dengan bahan kimia lainya) sedangkan kretek ialah resep para leluhur yang terbuat dari racikan jamu dari bahan alami yang di bakan kemudian dihisap, jaman dahulu para leluhur mengobati batuk dengan cara merokok.

Meskipun banyak informasi yang negatif tentang kebiasaan merokok yang kita terima, bahkan dalam agama, sesuatu yang berbahaya bagi tubuh akan diharamkan, tetapi tidak jika dijadikan obat atau kondisi terdesak.

Tetapi sebenarnya kandungan dalam rokok itu banyak sekali manfaatnya. Tetapi terkadang manusia salah menggunakannya sehingga menyebabkan dampak buruk bagi pemakainya.

Sedangkan jika dikomsumsi dengan tepat dan dengan takaran yang pas maka akan membuat tubuh pemakainya menjadi sehat. Berikut manfaat merokok menurut para pakar kesehatan bukan menurut saya :

Manfaat merokok bagi kesehatan

manfaat-merokok-bagi-kesehatan

Sebenarnya dalam dunia farmasi ada sesuatu yang di sembunyikan dari rokok, tetapi beberapa penelitian menunjukan hasil yang berbeda daripada bahaya yang kita ketahui sekarang ini berikut penjelasannya:

Merokok dapat mengurangi resiko parkinson

Sebuah penelitian menunjukan bukti bahwa terdapat hubungan temporer yang terjadi antara perokok, jika dia merokok maka resiko terkena penyakit parkinson akan berkurang, para peneti juga mendapatkan temuan yakni jika seorang perokok behenti merokok maka perllindungan terhadap penyakit parkinson justru akan berkurang.

Merokok dapat meningkatkan penyembuhan jantung lebih cepat

Hehehe jangan dulu membantah, penemuan ini memang sangat mengejutkan, para peneliti menemukan bahwa merokok juga memilik efek baik untuk mempercepat penyembuhan penyakit jantung.

Hal ini disebabkan karena rokok dapat mencegah penyempitan pembuluh darah ke jantung dan ke otak. Karbon monoksida yang terkandung dalam asap rokok inilah  yang bisa menghentikan pembekuan darah sehingga gumpalan darah yang terdapat dalam pembuluh arteri dapat dihancurkan.

Menekan resiko obesitas

Dalam jurnal Physicology and Behavior yang telah mendalami sebuah studi tentang rokok, mereka mengungkapkan bahwa orang yang berhenti merokok maka akan mengalami peningkatan berat badan yang drastis dari sebelumnya.

Dalam penelitian di yale, yang dilakukan pada tikus, nikotin yang terdapat dalam rokok mempunayi efek penekan nafsu makan atau disebut hipotamus. Sehingga jika kita menyimpulkan seorang yang berhenti merokok maka penekan nafsu makan (nikoitn) akan hilang sehingga dia akan lebih lahap makan dan dapat menyebabkan obesitas.

Merokok dapat mencegah penyakit asma dan alergi

Dalam penelitian yang dilakukan di swedia, seorang ibu hamil merokok setiap harinya 15 batang dalam sehari. dan setelah bayinya lahir, bayi tersebut memiliki resiko penyakit asma dan alergi yang lebih rendah dari bayi umumnya.

Nikotin dapat membunuh kuman penyebab TBC

Dalam rokok terdapat sebuah zat yang menyebabkan penggunanya menjadi candu. Ya zat tersebut ialah nikotin. Tapi sisi positif dari nikotin ini, zat tersebut dapat membunuh penyebab kuman TBC, seiringnya berkembangnya jaman mungkin nikotin juga dapat menjadi bahan obat penyembuh penyakit ini.

Dapat meningkatkan kinerja kognitif pada penderita down syndrome

Down syndrome adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya kelainan pada pita q22 gen SLC5A3 dan pada kromosom 21, kelainan ini berdampak pada keterbelakangan mental dan pertumbuhan anak. Penyakit ini pertama kali ditemukan oleh Dr Jonh Longdon Down pada tahun 1886.

Dalam sebuah penelitian menunjukan hasil tentang efek transdermal nikotin mempengaruhi rangsangan dengan nikotin agonis 5 mg pada jaringan kullit implan, bahkan lebih baik dari obat kontrol (pasebo), penelitian ini dilakukan pada 5 orang dewasa yang terkena gangguan kinerja kognitif.

Manfaat merokok bagi tubuh

manfaat-merokok-bagi-tubuh

Manfaat rokok dalam tubuh juga banyak tak hanya untuk mencegah penyakit tapi juga dapat menyembuhkan penyakit dalam tubuh, dari kalian yang beranggapan tentang bahaya merokok mungkin menganggap hal ini salah. Tapi tunggu dulu, bukankah bisa racun yang terdapat dalam ular sekarang malah digunakan untuk obat penyembuh dari gigitan ular.

Bahkan ganja (cannabis) yang dulunya sangat dilarang serarng malah dijadikan obat kanker, begitu juga dengan tumbuah berbahaya lainnya, asalakan semua itu masih ALAMI atau tanpa bahan kimia maka akan terdapat manfaat didalamnya begitu juga dengan rokok, berikut penjelasan dari manfaat rokok bagi tubuh :

Manfaat merokok untuk gusi

Dahulu jika para perokok menderita penyakit mulut, maka rokok akan menjadi kambing hitam pertama yang disalahkan, tetapi jangan lagi terlalu cepat menyalahkan karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan bahwa rokok mempunyai manfaat lain bagi mulut.

Perokok mempunyai resiko lebih rendah terkena penyakit gusi seperti penyakit susut gusi atau gingival recession daripada orang yang tidak merokok.

Dapat mengurangi resiko radang usus besar

Kandungan dalam nikotin dapat mengurangi aktivatas otot melingkat saat pelepasan nitrat oksida dalam kasus radang usus atau ulcerative colitis (UC).

Mencegah terkena kanker kulit yang langka

Seorang peneliti dai national cancer institute yakni Dr James Goedert berpendapat bahwa dengan merokok dapat mengurangi resiko kanker kulit bagi orang-orang tua yang berada di Mediterania atau wilayah italia selatan, israel dan juga yunani.

Meskipun kandungan dalam tembakau yang dapat mengurangi resiko kanker kulit tersebut tetapi peneliti yang juga tergabung dalam AACR (American Association for Cancer Research) tidak menyarankan untuk merokok pada populasi Mediterania.

Manfaat merokok bagi wanita

manfaat-merokok-bagi-wanita

Sering kita jumpai dalam bungkus rokok tentang bahaya rokok bagi wanita dan ibu hamil, eiittsss tapi tunggu dulu karena ada beberapa penelitian yang menunjukan hal yang sebaliknya, berikut penjelasannya :

Mengurangi resiko kanker payudara

Dalam sebuah jurnal dari National Cancer Insitute sekitar tahun 1998 menunjukan hasil bahwa pembawa mutasi gen atau orang yang cenderung terkena kanker payudara melaporkan bahwa jika seorang wanita merokok 4 pak per tahun dapat menurunkan resiko kanker payudara sebesar 35%.

Bahkan jika wanita meroko lebih dari 4 pak per tahun maka penurunan resiko kanker payudara bisa mencapai 54 persen, penelitian ini dilakukan oleh jean sebastien brunet, pemimpin studi penelitian tersebut.

Tetapi perlu di ingat bahwa hal tersebut dilakukan terhadap perempuan yang membawa mutasi gen, jika tidak maka hal tersebut tidak berlaku.

Mencegah hipertensi bagi ibu hamil

Dalam sebuah penelitian bahwa efek tembakau yang ada dalam rokok dapat menyebabkan konsentrasi urin cotinine atau tembakau yang bermetabolis dalam tubuh. Hal ini menyebabkan berkurangnya resiko pre-eklamsia karena tembakau eksposur.

Pre-eklamsia adalah suatu kondisi medis munculnya hipertensi dalam kehamilan, hal ini ditandai dengan hiperntensi atau tekanan darah tinggi, meningkatnya kandungan protein dalam urin dan adanya pembengkakan pada edema.

Dengan merokok maka resiko pre-eklampsia akan berkurang, karena jika bertambah parah maka akan menyebabkan eklampsia yang dapat menyebabkan kematian, meskipun sepele tapi studi ini menunjukan manfaat merokok saat masa kehamilan.

Manfaat merokok setelah makan

manfaat-merokok-setelah-makan

Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1989 yang dilakukan oleh General Clinical Research Center terhadap 7 perokok aktif laki-laki rentang usia 32-61 tahun, menunjukan hasil bahwa manfaat merokok setelah makan ialah dapat menyebabkan rasa nikmat.

Dikarenakan aliran darah hepatik dan metabolisme dalam tubuh meningkat ketikan makan dan menyebabkan penurunan kadar nikotin sehingga jika seorang merokok setelah makan maka kadar nikotin akan meningkat kembali dan hal inilah yang menyebabkan merokok setelah makan terasa nikmat.

Dari beberapa opini masyarakat sekitar merokok sesudah makan dapat meyebabkan pikiran lebih tenang, emosi lebih terkontrol, dan meningkatkan semangat. Meskipun ini hanya opini tetapi banyak juga perokok yang menyetujui hal tersebut.

Manfaat rokok bagi negara

manfaat-merokok-bagi-negara

 

Rokok merupakan salah satu sumbangan pendapatan bagi negara kita yang cukup besar, berikut manfaat merokok bagi negara indonesia :

Sumber pendapatan negara

Pendapatan negara dari rokok terbagi menjadi 2 yakni dari bea cukai dan dari pajak. Mulai dari pungutan dari cukai , pajak penghasilan, PDRD atau pajak daerah retribusi daerah dan PPN atau pajak pertambahan nilai ditambah lagi dari ekspor dan bea masuk yang nilainya besar dari sektor rokok.

Pendapatan negara dari rokok setiap tahunya selalu meningkat, karena memang negara kita juga menargetkan peningkatan dari sektor rokok dan juga  pendapatan dari rokok lebih konsisten dan realistis bagi pendapatan negara (bahkan menjadi andalan bagi negara setiap tahunya untuk menyelamatkan kas negara)

Saleh Husin salah satu mantan menteri perindustrian pernah berkata bahwa industri rokok merupaka salah satu penyumbang pendapatan negara terbesar, bahkan jauh lebih besar daripada minyak dan gas bumi.

Pada tahun 2016 saja pendapatan negara dari cukai rokok mencapai Rp 137.000.000.000 (seratus tiga puluh tujuh triliun rupiah), sedangkan dari SKM atau Sigaret Kretek Mesin hampir mencapai Rp 20.000.000.000 (dua puluh triliun rupiah).

Semua itu belum ditambah dengan pajak-pajak lainnya seperti Sigaret Putih Mesin, Sigaret Kretek Tangan, cerutu, dan juga hasil tembakau lainnya.

Jika dibandingkan dengan tax amenesty yang pemerintah berusaha mati-matian agar masyarakat mau mendaftar dari juli 2016 hingga akhir bulan maret hanya menghasilkan Rp 127 triliun, maka hasil tersebut masih kalah jauh dengan pendapatan dari rokok dimana pemerintah tak perlu repot-repot untuk mendapatkan setoran.

Industri Rokok dikuasai oleh negara

Dari kita mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya Industri rokok sebenarnya berada dalam kekuasaan negara, meskipun bukan berarti BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Karena jika di kalkulasikan maka sebatang rokok  70% sudah menjadi pendapatan negara.

Hal ini dikarenakan dalam sebatang rokok terdapat komponen cukai, PDRD, dan PPN, yang dalam prosentasenya 57% cukai (hal ini telah diatur oleh Undang-Undang Cukai No 39 Tahun 2009), PPRD 10%, dan PPN 9,1 %. Jadi jika kita membeli sebatang rokok dengan harga Rp 2.000 maka negara telah mendapatkan 76,1% dari Rp 2.000 atau sekitar Rp 1.500

Meskipun kepemilikan industri rokok dikuasai oleh swasta tapi jika ditinjau dari pendapatannya maka dapat kita simpulkan bahwa negara mendapatkan hasil yang lebih banyak.

Maka dari itu rokok merupakan industri rokok merupakan sektor strategis bagi pendapatan negara bahkan selama ini pendapatan dari industri rokok dapat dikatakan sebanding dengan BUMN.

Penyerapan tenaga kerja yang besar

Hal istimewa lainnya dari industri rokok yaitu penyerapan tenaga kerja yang begitu banyak, tak bisa di pungkiri dari jaman pak Karno hingga Presiden sekarang mengakui tentang penyerapan tenaga kerja yang besar dari sektor rokok.

Total keseluruhan tenaga kerja dari industri rokok mencapai 6, 1 juta jiwa, itu hanya yang dihitung dari pekerja kasar atau pekerja yang bereda dalam pabrik rokok, jika ditinjau lebih lanjut dari awal hingga akhir maka jumlahnya akan semakin banyak.

Dari petani tembakau dan cengkeh saja mencapai 3 juta menurut kementrian pertanian, apalagi jika ditambahkan lagi dari sektor lainya mulai dari sektor pengolahan, pedagangnya dan lain sebagainya. Maka dari itu pemerintah menegaskan jika sampai sektor rokok mati maka akan sangat berdampak bagi ketenagakerjaan Indonesia.

itulah beberapa manfaat dari merokok, tetapi perlu diingat apa yang kita anggap benar belum tentu orang lain akan menyetujuinya jadi jika kamu sekarang belum merokok maka tak perlu merokok

tetapi jika kamu sudah kecanduan dan tak dapat menolaknya maka alangkah baiknya jika menguranginya sedikit demi sedikit, karena setiap tubuh manusia itu berbeda, dan penelitian tersebut mungkin berbeda dengnan tubuh kita

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Manfaat Merokok

Tinggalkan komentar