Manfaat Hutan Bagi Manusia, Lingkungan, Ekonomi dan Kehidupan

Manfaat Hutan Bagi Manusia, Lingkungan, Ekonomi dan Kehidupan

Manfaat Hutan – halloooo hai sobat semua, tahukah kamu, bahwa indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai hutan terluas di dunia. Dengan luas hutan mencapai 125,9 Juta Hektare maka tak heran jika Indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia

Meskipun mempunyai hutan yang luas tetapi negara kita masih belum bisa memaksimalkan potensi yang ada didalamnya. Tak hanya itu hutan di Indonesia juga semakin hari semakin berkurang, salah satu penyebab terbesar yakni illegal logging atau penebangan hutan secara liar.

Sebagai masyarakat Indonesia alangkah baiknya jika kita sadar akan manfaat hutan dan turut serta dalam perawatan hutan, karena banyak sekali manfaat yang ada didalamnya mulai dari sumber air, habitat hewan, dan berbagai sumber daya yang terkandung didalamnya. Berikut 20 manfaat hutan yang perlu kita ketahui :

Manfaat hutan bagi manusia

manfaat-hutan-bagi-manusia

pernah gak kamu berpikir bagaimana cara kita bernafas yang di lakukan setiap harinya. Kita bernafas dengan cara menghirup oksigen dan menghembuskan karbondioksida. Dengan jumlah manusia yang terdapat dibumi ini sangatlah banyak, apakah kamu pernah berpikir bagaimana bisa ada oksigen yang segitu banyaknya dan tak habis habis dar jaman dahulu hingga sekarang ini.

Dengan kekuasaan-Nya kita dapat bernafas setiap harinya tanpa perlu membayar oksigen setiap harinya. Oksigen tercipta dari hasil fotosintesis tumbuhan, dimana tumbuhan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen untuk manusia.

Dengan kita bisa mengetahui bahwa kita sangat bergantung terhadap tumbuhan, setali tiga uang kita juga sangat bergantung terhadap hutan karena didalamnyalah terdapat banyak tetumbuhan sebagai sumber oksigen

Manfaat hutan bagi lingkungan

manfaat-hutan-bagi-lingkungan

Dibawah ini merupakan manfaat hutan bagi lingkungan :

Sebagai pengatur iklim

Tak hanya sebagai sumber oksigen, hutan juga berfungsi untuk penyetabil lingkungan dan ekosistem. Karena hutan dapat mengatur dan menstabilkan iklim yang terdapat dalam daerah tersebut, kemanfaatanya dapat terasa baik kecil maupun kecil

Meskipun demikian karena keserakahan manusia maka tak heran jika sekarang ini hutan berangsur-angsur berkurang. Jika hal tersebut dibiarkan maka iklim dunia akan mengalami masalah dan dapat menyebabkan berbagai bencana alam dan perubahan musim yang tidak teratur.

Sebagai paru-paru dunia

Dengan cangkup wilayahnya yang luas maka tak heran jika hutan menjadi habitat ratusan bahkan miliyaran spesies yang terdapat didalamnya. Sedikit mengulang, tumbuhan yang berada dalam hutan bisa mengambil karbondioksida dari pernafasan manusia, hewan dan juga dari gas karbon yang dihasilkan oleh bumi maupun dari gas karbon berbahaya hasil pembuangan industri.

Semua karbondioksida tersebut diubah menjadi oksigen yang sangan penting bagi manusia maupun hewan. Betapa besar sekali manfaat hutan sebagai paru-paru dunia, maka dari itu marilah kita rawat dan jaga hutan agar dapat terus memberikan manfaatnya.

Untuk menjaga kesuburan tanah

Selanjutnya ialah untuk menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah. Hutan dapat menyuburkan tanah karena didalamnya terdapat banyak tumbuhan, ketika daun dari tumbuhan tersebut gugur maka akan membusuk dan terurai dan selanjutnya menjadi humus yang juga berfungsi sebagai pupuk untuk kesuburan tanah

Semakin subur tanah, maka semakin mudah untuk menanami berbagai macam tumbuhan, seperti jati yang mempunyai nilai jual tinggi ataupun singkong yang harganya murah.

Sebagai pencegah erosi maupun banjir

Dengan banyak tumbuhan yang ada di hutan maka secara otomatis bahaya bencana longsor maupun banjir dapat diantisipasi. Karena, akar pohon yang ada dihutan dapat menahan laju air yang ada di dalam tanah akibat hujan, sehingga air tidak menggerus tanah yang bisa menyebabkan longsor.

Tak hanya itu akar tumbuhan yang ada dalam hutan juga berfungsi untuk menyerap air tanah, sehingga tidak menyebabkan banjir. Itulah manfaat hutan bagi lingkungan yang dapat mencegah bencana sedini mungkin seperti banjir ataupun tanah longsor.

Tempat pelestarian keaneragaman hayati

Salah satu manfaat hutan yang tak kalah penting yaitu sebagai wilayah untuk melestarikan berbagai jenis fauna dan flora. Hutan merupakan tempat yang paling baik sebagai tempat tinggal dan berkembang biak

Manfaat hutan bagi kehidupan

manfaat-hutan-bagi-kehidupan

Manfaat selanjutnya yaitu bagi kehidupan baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Dibawah ini penjelasannya :

Sebagai tempat menampung ari hujan dan sumber mata air

Seperti yang kita ketahui bahwa hutan merupakan wilayah yang tepat untuk menampung air hujan, hal ini dikarenakan terdapatnya banyak tumbuhan, berbanding terbalik dengan lahan kosong yang tidak mempunyai tumbuhan sehingga tidak bisa menampung air hujan.

Jika suatu lahan tidak bisa menampung air hujan maka lahan tersebut juga tidak bisa menyimpan cadangan air tanah sehingga dapat menyebabkan kekeringan di musim kemarau. Untuk mengatasi hal tersebut hal terbaik yaitu dengan menanami lahan kosong dengan banyak kosong tumbuhan sehingga akar tanaman tersebut dapat meyimpan candangan air dan mengurangi pengikisan tanah akibat hujan.

Sebagai pengatur tata air tanah

Untuk para petani , ekosistem hutan sangatlah pentin karena hutan merupakan wilayah pengatur air dan juga kesuburan tanah. Ketersediaan air akan berkurang jika hutan mengalami kerusakan terutama pada bagian hulu.

Sekarang ini sudah sangat banyak kita jumpai kerusakan hutan, sehingga pada wilayah pertanian pada musim kemarau mengalami kekeringan yang parah dan pada musim penghujan terendam banjir. Fungsi hutan yang sekarang ini menjadi cadangan air bagi petani sebagai pendukung sistem pengairanpu berkurang.

Tentau saja hal ini menyebabkan hasil pertanian yang semakin berkurang dan menyebabkan perekonomian petani menjadi tersendat. Oleh karena itu perlulah komitmen antar lapisan maysarakat untuk serius menjaga ekosistem hutan agar fungsi hutan sebagai pengatur tata air tanah kembali berfungsi.

Untuk mengurangi pemanasan global

Hutan merupakan salah satu cara kita mengatasi global warming atau pemanasan global. Sekarang ini banyak sekali peristiwa yang merugikan bagi kita karena pemanasan global, seperti musim yang tidak menentu, mencairnya es di kutub, musim kemarau yang panjang dan efek rumah kaca.

Jika pemanasan global dibiarkan secara terus menerus maka hal ini akan sangat berbahaya bagi alam. Kita dapat mengurangai efek dari pemanasan global dengan menanami hutan yang gundul dengan banyak poho agar gas oksigen dapat menetralisir gas karbon yang bersifat panas.

Manfaat hutan bagi ekonomi

manfaat-hutan-bagi-ekonomi

Banyak sekali manfaat hutan bagi ekonomi negara kita, dengan luas wilayah hutan terbesar di didunia maka tak heran jika hutan juga menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat dan negara. Hutan juga sebagai penymbang devisa bagi negara indonesia

Oh ya devisa merupakan barang bernilai yang telah disepakati oleh semua negara untuk dijadikan alat pembayaran. Alat pembayaran internasional dapat berupa emas, surat beharga, valuta asing atau barang lainya yang telah ditetapkan.

Devisa atau pendapatan negara dapat digunakan untuk pembangunan negaara ataupun cicilan utang ke negara lain. Semakin besar pendapatan atau devisa negara maka semakin baik juga negara tersebut. Hasil kekayaan yang ada di hutan juga dapat menjadi salah satu penyumbang devisa bagi negara, karena ada banyak kekayaan hutan yang bisa dimanfaatkan manusia.

Karena tidak semua negara mempunyai hutan maka salah satu cara untuk menyediakan ketersediaan bahan, suatu negara melakukan proses ekspor dan impor. Indonesia sendiri merupakan negara pengekspor hasil hutan ke berbagai negara, seperti kayu untuk bahan bangunan dan kertas, karet, rempah rempah seperti merica dan cengkeh dan juga kelapa sawit yang dimanfaatkan untuk membuat minyak.

manfaat hutan bakau

manfaat-hutan-bakau

bakau merupakan tumbuhan lokal yang dapat tumbuh diatas permukaan tanah basah lunak yang bersifat halophytic atau tahan terhadap garam dan fluktasi pasang surut, tumbuhan ini termasuk dalam golongan marga Rhizophora.

Fungsi hutan bakau sendiri untuk pencegahan abrasi karena hantaman ombak kepermukaaan intrusi air asin dan juga habitat bagi bagi satwa-satwa disekitarnya. Berikut penjelasan tentang manfaat hutan bakau atau mangrove

manfaat hutan mangrove

manfaat-hutan-mangrove

sebenarnya terdapat perbedaan antara mangrove dan bakau, gampangnya seperti ini, bakau adalah tanaman sedangkan magrove merupakan kumpulan dari tumbuhan atau semak-semak yang hidup di sepanjang garis pantai dan tahan terhadap salinitas tinggi.

jadi sekarang kita tahu perbedaan bakau dan mangrove, mudahnya bahwa bakau merupakan tumbuhan yang berada dalam ekologi mangrove. Berikut manfaat dari hutan mangrove

intrusi air laut

intrusi air laut merupakan prosesi masuknya air laut ke daratan sehingga air tawar yang ada didaratan menjadi tercemar dengan air laut dan menyebabkan candangan air tawar berkurang. Hal ini sering terjadi di daerah dekat pantai.

Oleh karena itu cara terbaik untuk mengatasi intrusi air asin yaitu dengan cara melestarikan hutan mangrove di sekitar ekosistem pantai. Seperti kita ketahui bahwa hutan mangrove dapat mencegah intrusi air asin, sehingga air tawar yang ada didaratan tidak dapat tercemar oleh air laut

Mencegah abrasi laut

Abrasi merupakan pengikisan tanah yang disebabkan oleh ombak laut. Jika hal ini terus dibiarakan maka daratan akan semakin berkurang diwaktu pasang. Dengan melestarikan hutan mangrove kita dapat mencegah hal ini terjadi.

Karena hutan mangrove mempunyai fungsi yang sama dengan fungsi hutan di daratan, yakni akar tanamannya bisa mencegah pengikisan tanah akibat hempasan ombak.

Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi satwa tertentu

Dengan adanyan hutan mangrove maka dapat menjadi tempat tinggal untuk berbagai binatang seperti burung, kura-kura, biawak, ulara, monyet dan juga hewan laut seperti , ikan, udang, kepiting, siput, kerang, dan hewan intertebrata (hewan yang tidak mempunyai tulang belakang) serta masih banyak yang lainnya.

manfaat hutan lindung

manfaat-hutan-lindung

hutan lindung merupakan hutan yang sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu seperti untuk menjaga atau melindungi flora ataupun fauna didalamnya, tempat wisata dan lain sebagainya, dibawah ini merupakan manfaat dari hutan lindung

untuk melindungai tumbuhan langka

fungsi pertama dari hutan lindung yaitu untuk melindungi tumbuhan langka yang ada didalamnya. Dalam hutan terkadang kita menemukan jenis tumbuhan khas tertentu. Di indonesia sendiri terdapat banyak tumbuhan yang sudah termasuk kedalam kategori harus dilindungi.

Tumbuhan tersebut harus dilindungi karena ada beberapa sebab, yaitu karena tumbuhan tersebut mempunayi manfaat seperti obat, mempunyai nilai estetika yang tinggi atau bahkan karena jumlahnya yang tinggal sedikit sehingga harus dijaga agar tidak punah.

Untuk melindungai hewan langka

Selanjutnya yaitu untuk melindungi hewan atau binatang langka yang ada didalamnya. Hutan merupakan ekosistem terbaik bagi hidup hewan karena didalam hutan hewan hidup secara alami berbeda seperti dalam penangkaran atau kebun binatang.

Adanya hutan lindung karena banyaknya pemburuan liar yang dilakukan oleh manusia, sekarang ini tentunya sering kita dengar tentang kelangkaan binatang, seperti harimau sumatera, komodo, burung cendrawasih dan masih banyak lagi

Menjadi tempat penelitian dan edukasi

Hutan lindung juga berguna untuk meneliti para hewan dan tumbuhan didalamnya dan menjaganya dari kepunahaan. Selain sebagai tempat penelitian hutan lindung juga berfungsi untuk tempat edukasi atau pendidikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari alam, Terutama bagi anak-anak. Kita dapat mengajarkan mereka tentang pentingnya menjaga alam dan melestarikan lingkungan serta menjaga flora dan fauna yang sekarang langka agar tidak punah.

itulah beberap manfaat dari hutan, bantu sebarkan artikel ini agar orang-orang terdekatmu juga turut unutk menjaga hutan.

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Manfaat Hutan

Tinggalkan komentar