Apa itu Kertas Manila ? Kelebihan, Kerajinan, Ukuran, Harga dan Warna

Apa itu Kertas Manila ? Kelebihan, Kerajinan, Ukuran, Harga dan Warna

Kertas manila – hallo hai kawan semua. Beberapa hari lalu kita telah membahas tentang kertas asturo. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak manfaat yang dapat kita ambil dari sebuah kertas.

Dengan secarik kertas, kita dahulu dapat mencatat berbagai ilmu yang kita dapat disekolah maupun luar sekolah sehingga kita menjadi pintar karenanya. Kita juga bisa membuat berbagai kerajinan tangan yang dapat mengasah kreatifitas diri kita dan ada beberapa orang yang dapat menfaatkan kertas sebagai sumber penghasilannya.

Begitu juga dengan kertas manila, kertas yang sering kita jumpai jika kita diberi tugas oleh bapak ibu guru untuk membuat kerajinan tangan. namanya yang sama dengan ibukota Filipina ini mempuinyai berbagai manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan kertas lain.

Dibawah ini kita akan menjelaskan tentang kertas manila, mulai dari apa itu kertas manila ?, manfaat kertas manila, ukuran kertas manila, harga kertas manila dan kelebihan kertas manila dibandingkan dengan kertas lain.

Apa itu kertas manila ?

apa-itu-kertas-manila

Kertas manila merupakan kertas yang pada mulanya dibuat dari bahan tali manila kuno, dimana tali tersebut biasanya dipakai untuk tali kapal. Bahannya berasal dari rami manila atau biasa disebut dengan musa textils atau abaca.

Sesuai dengan namanya kertas manila merupakan kertas yang bahan bakunya ditemui di kota Manila, Filipina.

Kertas manila memiliki ciri-ciri bagian depan dan belakangnya memiliki warna yang sama, tingkat ketebalannya hampir sama dengan cover buku sekolah. Selain itu permukaannya juga halus.

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kertas manila membuatnya sering dicari. Ada beberapa kelebihan dari kertas manil yang tidak dipunyai oleh kertas lain seperti harganya yang murah tetapi memiliki permukaan kertas yang relatif halus, meskipun tidak sekuat kertas kraft karena kertas manila berasal dari bahan serat kayu semi pemutih.

Tetapi untuk kualitas tulisan maka akan lebih bagus kertas manila, hal ini dapat dibuktikan ketika kamu menulis atau mencetak diatas kertas tersebut. Maka kualitas cetaknya akan lebih bagus dibandingkan dengan kertas kraft.

Dengan segala kelebihannya mulai dari harganya yang murah, kualitas yang baik, dan pilihan warna yang sangat beragam membuat kertas manila sering digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari kartu nama, map, sertifikat, dan dapat dibuat untuk papercraft atau kerajinan tangan.

Ukuran kertas manila

Sebernaya ukuran kertas manila itu beragam tetapi yang sering dijual di berbagai tempat mempunyai panjang dan lebar yang standar ialah 86 x 61 dalam bentuk centimeter.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini merupakan berbagai ukuran kertas manila dalam berbagai nilai mulai dari centimeter, milimeter dan desimeter

Ukuran kertas manila desimeter 8,6 x 6,1 dm

Ukuran kertas manila centimeter 86 x 61 cm

Ukuran kertas manila milmeter 860 x 610 mm

Harga kertas manila

harga-kertas-manila

Jika kamu hendak membeli kertas manila untuk ukuran 86 x 61 cm kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 2500 per lembarnya. Tentunya harga tersebut termasuk murah apalagi jika kamu membelinya langsung satu gulung, dimana pergulungnya terdapat 10 lembar maka harganya akan lebih murah.

Kamu dapat membeli kertasi ini toko ATK ataupun tempat fotocopy.

Kelebihan kertas manila

kelebihan-kertas-manila

Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh kertas manila, silahkan simak dibawah ini:

Harganya relatif murah

Seperti kita tahu bahwa kertas manila mempunyai harga yang relatif murah dibandingkan dengan kertas lain yang memiliki kualitas sejajar. Hal tersebutlah yang membuat para penggemar papercraft sering menggunakan kertas manila untuk membuat berbagai model dari kertas manila.

Seperti yang kita ketahui bahwa Kertas manila dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 2500 ukuran 61 x 86 cm dalam betuk gulungan. Tentunya harga tersebut cukup murah, apalagi jika kamu hobi untuk membuat beragam model papercraft.

Permukaannya halus

Kertas manila mempunyai permukaan yang halus, hal ini disebabkan karena berasal dari serat rami manila. Karena kertas manila mempunyai permukaan yang halus maka tak jarang jika kertas manila sering dibuat untuk undangan, map, sertifikat, dan kerajinan tangan.

Pilhan warna yang beragam

Seperti yang kita ketahui bahwa kertas manila mempiunyai dua permukaan yang warnanya sama. Hal ini membuat kita tak perlu lagi bingung-bingung untuk menyatukan warnanya. Berbagai warna pun dapat kita temui mulai dari merah, hijau, biru, kuning, dan masih banyak lagi.

Kertas manila mudah didapat

Sekarang ini kita dapat menjumpai kertas manila di berbagai fotocopy yang ada didaerahmu. Karena hampir semua tepat usaha fotocopy, usaha percetakan. Karana bahannya mudah didapat, tentunya para penggemar papercraft tidak lagi pusing-pusing untuk mendapatkan kertas tersebut.

Permukaan kertas manila yang tidak bergelombang saat di lem

Berbeda dengan beberapa kertas yang agak tipis, seperti HVS 80 gram, kertas manila tidak akan bergelombang ketika di lem. Karena itulah kertas manila menjadi rekomendasi untuk dijadikan papercraft.

Gramatur kertas manila pas untuk dijadikan papercraft

Kelebihan kertas manila selanjutnya untuk papercraft ialah gramaturnya yang sesuai dengan papercraft. Baik kercil maupun besar, gramatur yang dimiliki kertas manila memudahkan kita untuk melipatnya. Karena biasanya gramatur kertas yang biasa digunakan untuk papercraft ialah 160 gram.

Kerajinan tangan kertas manila

kerajinan-kertas-manila

Ada beberapa kerajinan tangan yang dapat kamu buat menggunakan kertas manila, silahkan simak selengkapnya dibawah ini

Dijadiakan Bunga

Kita dapat menggunakan kertas manila untuk dijadikan bunga. Berbagai bunga dapat kita bentuk dari kertas manila, seperti mawar, bunga matahari, melati dan berbagai bunga lainnya.

Untuk Hiasan Kamar

Jika kamu bingung untuk menghias kamarmu, maka kamu dapat menggunakan kertas manila sebagai hiasan kamar. Kamu dapat membentuk berbagai bentuk seperti bintang, bulan, matahari, pohon, bunga ataupun berbentuk tulisan

Dijadikan Ayaman

Kertas manila juga bisa untuk bahan utama pembuatan anyaman. Jika kamu bingung membuat anyaman dari kertas manila maka kamu dapat melihatnnya di video tutoria yang ada di Youtube. Beragam bentuk ada disana, kamu dapat memilihnya sesuai keinginan hatimu.

Warna kertas manila

warna-kertas-manila

Ada beragam warna yang dimiliki oleh kertas ini. Penggunaannya juga beragam, berikut warna kertas manila yang sering digunakan

Kertas manila merah

Warna ini sering diguanakan untuk membuat bunga, seperti mawar dan juga bentuk lain terutama bentuk hati

Kertas manila putih

Biasanya kertas manila putih dijadikan untuk background. Biasanya dijadikan background tulisan ataupun gambar

Kertas manila kuning

Berikutnya warna kertas manila ialah kuning. Warna ini biasanya dipakai untuk membuat bunga matahari, ataupun bentuk matahari

Kertas manila hijau

Warna hijau sangat identik dengan tanaman. Dan tentu saja kertas manila yang berwarna hijau biasanya dijadikan beragam tumbuhan, daun maupun batang

Kertas manila hitam

Warna hitam juga biasanya dijadikan background. Mulai dari backgroud untuk malam hari, maupun background tulisan

itulah beberapa penjelasan mengenai kertas manila, jika kamu mempunyai tambahan silahkan tambahkan di komentar ya.

dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekatmu agar dapat merasakan manfaatnya juga

Kertas Manila

 

Tinggalkan komentar