Kertas Karton – Pengertian, Kelebihan. Kekurangan, Kegunaan & Pembuatan

Kertas Karton – Pengertian, Kelebihan. Kekurangan, Kegunaan & Pembuatan

Kertas Karton – halo haiiiii sobat semua, dalam beberapa hari yang lalu kita telah membahas tentang kertas krep, sekarang ini kita akan membahas tentang kertas karton.

Mungkin dari kalian sudah tahu tentang kertas karton. Biasanya kertas karton sering disebut juga oleh banyak orang dengan sebutan kardus, tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya karton ialah semua kertas yang mempunyai berat lebih dari 200g/m2.

Jadi semua kertas yang mempunyai berat lebih dari itu disebut dengan kertas karton. Entah itu kardus, kertas manila, kertas asturo ataupun perahu kertas, hehehehehe

Lebih lengkapnya kertas karton itu kertas daur ulang dari kertas yang sudah tidak pakai, jadi kertas yang sudah tidak digunakan atau limbah kertas akan didaur ulang untuk membuat kertas karton.

Dengan begitu kita dapat menjaga kelestarian alam, karena seperti yang kita tahu bahwa bahan utama pembuatan kertas berasal dari kayu atau pohon.

Untuk lebih lengkapnya tentang proses pembuatan kertas karton silahkan simak dibawah aja deh biar gak bingung.

Kita juga akan membahas tentang pengertian kertas karton, sejarah kertas karton, klasifikasi kertas karton, penggunaan kertas karton dan warna kertas karton Kuyy dibaca sampai habis

Pengertian kertas karton

pengertian-kertas-karton

Dalam bahasa Inggris kertas karton dikenal dengan paperbord, yakni material yang berasal dari pulp, baik pulp yang berasal dari bahan sintesis maupun nonsisntesis dan bisa juga pulp dari limbah kertas yang telah didaur ulang.

Dalam ISO 536 terdapat penjelasan lebih detail mengenai kertas karton, yakni setiap material yang terbuat dari kertas dan mempunyai berat 200 g/m2.

Adanya kertas karton sangat bermanfaat sekali buat manusia lho, karena kertas karton merupakan rekayasa dalam bidang teknologi material.

Manfaat yang sangat terasa dari kertas karton ialah dapat memenuhi beberapa kebutuhan ekonomis dan eco friendly atau dapat di daur ulang kembali.

Kertas karton biasanya menjadi bahan utama pembuatan kertas remi, kartu pos, kardus, dan bahan lainya yang memerlukan tingkat daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kertas biasa. Kertas karton mempunyai tekstur yang halus meskipun ada beberapa yang bertekstur atau mengkilap

Sejarah pembuatan kertas karton

Perang merupakan faktor utama pembuatan kertas karton. Pada tahun 1817, Inggris, merupakan tahun dan negara pertama yang memproduksi kertas karton.

Hal ini karena saat itu mereka membutuhkankemasan untuk melindungi barang yang tak memakan banyak ruang dalam bagasi kapal, dan dapat dirakit atau bongkar pasang untuk digunakan kembali, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya pengeluaran jasa pengiriman.

Seiring dengan berkembangnya jaman, kertas karton pun telah dikenal diseluruh dunia. Dan penggunaannya juga lebih kompleks dan mempunyai beragam variasi. Bahkan beberapa orang ada yang membuat rumah dari karton, membuatt robot dan lain sebagainya.

Klasifikasi karton

klasifikasi-kertas-karton

Karena ada banyak sekali jenis dan macam-macam karton otomatis banyak negara yang salah mengartikan tetang kertas karton, dari pada kamu bingung dibawah ini merupakan klasifikasi kertas karton yang ada di negara kita Indonesia

Karton box

Karton box atau lebih kita kenal dengan sebutan kardus merupakan jenis karton yang mudah dibentuk. Jika kita teliti lagi maka kita akan menjumpai lapisan bergelombang yang terdapat pada irisan kardus atau karton box.

Tujuan adanya gelombang pada karton box ialah agar karton tidak mudah rusak karena dengan adanya gelombang akan memberikan kekuatan lebih pada karton. Dinegara lain, karton box lebih dikenal dengan nama corrugated paperboard

Contoh dari karton box ialah kardus mie instan, kardus minuman dan lain sebagainya.

Kelebihan kertas karton

Kelebihan-kertas-karton

Ada beberapa kelebihan yang terdapat pada kertas karton, untuk lebih jelasnya yuk simak dibawah ini.

Daya tahan tinggi

Dengan tingkat ketebalan yang lebih dari kertas lain yakni 200 mg/, maka dapat dipastikan tingkat daya tahan kertas karton lebih baik daripada kertas lain. Oleh sebab itu kertas karton sering digunakan untuk bahan pelindung barang.

Dapat didaur ulang

Seperti kita tahu bahwa kertas karton dapat terbuat dari pulp limbah kertas, tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi alam. Kita semua tahu bahwa bahan utama pembuatan kertas yakni berasal dari pohon, dengan daur ulang tentunya akan mengurangi penebangan pohon.

Semakin berkurangnya penebangan pohon tentunya alam kita akan tetap terjaga dan lestari. Manfaat lain dari daur ulang yakni dapat mengurangi biaya produksi bagi perusahaan kertas dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah kertas.

Bahan kerajinan tangan

Pernah gak kamu melihat kotak pensil, mobil-mobilan, atau kerajinan tangan lainnya yang berasal dari kertas. Bagus-bagus bukan ?

Selain di daur ulang untuk dijadikan kertas kembali, kertas karton bekas juga kerap dijadikan bahan kerajinan tangan oleh beberapa orang. Teksturnya yang kuat dan daya tahan yang tinggi membuat kertas karton bisa dibuat berbagai kerajinan tangan

Bahkan beberapa orang ada yang membuat kerajinan tangan berbentuk rumah seukuran rumah biasa dari kertas karton.

Kekurangan kertas karton

kekurangan-kertas-karton

Selain mempunyai beragam kelebihan, tentu saja kertas karton mempunyai beberapa kekurangan, dibawah ini merupakan kekurangan dari kertas karton

Tidak tahan terhadap air

Seperti yang kita ketahui bahwa kertas mudah rusak jika terkena air, begitu juga dengan kertas karton. Meskipun mempunyai tingkat ketebalan yang lebih daripada kertas lain, tetapi tidak memungkiri bahwa kertas karton tidak tahan terhadap air dan lembab.

Meskipun demikian, karena tingkat ketebalannya lebih dari kertas biasa maka kertas karton rusaknya tidak secepat kertas biasa. Tetapi sebaiknya, kamu jauhkan saja kertas karton dari air dan udara lembab agar tidak cepat rusak.

Tidak tahan api

Hampir semua kertas tidak tahan terhadap api, begitu juga dengan kertas karton. Tahu gak kamu jika kertas dibakar maka akan terjadi perubahan kimia. Perubahan kimia yaitu benda akhir berbeda dengan benda asal.

Contohnya jika kertas di bakar maka akan menjadi abu, dan abu tidak dapat menjadi kertas lagi.

Oleh sebab itu jauhkanlah kertas dari api agar tidak terbakar. Karena kalau sudah terbakar tidak bisa kembali lagi ke wujud semula.

Rawan benda tajam

Meskipun ketebalannya lebih daripada kertas biasa tetapi kertas karton juga tidak tahan terhadap benda tajam. Jika kita menggunakan kertas karton sebagai bahan pelindung barang, jangan sekali-kali untuk menusuknya dengan Pisau atau barang tajam lainnya.

Proses pembuatan kertas karton

proses-pembuatan-kertas-karton

Sama dengan kertas lainnya, bahan utama kertas karton menggunakan Pulp serat / selulosa kayu atau limbah kertas yang telah diolah.

Bahan tersebut diolah hingga menjadi bubur kertas kemudian di kelompokan mana yang diberi warna dan mana yang tidak.

Biasanya untuk keperluan kreasi, kertas karton akan melalui tahap bleaching atau proses pemutihan bubur kertas menggunakan larutan hidrogen peroxida. Dan setelah itu diberi warna sesuai kebutuhan dan dicetak sesuai tingkat ketebalan yang diinginkan.

Keguanaan kertas karton untuk kegiatan sehari hari

Keguanaan-kertas-karton-untuk-kegiatan-sehari-hari

Kertas karton mempunyai beberapa sifat yang cukup diminati masyarakat untuk digunakan setiap harinya, seperti harganya yang ekonomis, dapat didaur ulang, cutter dan tebal. Banyak kreasi yang menggunakan kertas karton sebagai media utamanya seperti hiasan atau kotak mainan

semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk men share agar semua orang dapat menggambil manfaat dari artikel  ini

Kertas Karton

Tinggalkan komentar