Kertas Asturo – Pengertian, Harga, Ukuran, Warna dan Penggunaanya

Kertas Asturo – Pengertian, Harga, Ukuran, Warna dan Penggunaanya

Kertas Asturo – halo hai teman-teman semua. Saat kita sekolah dulu pasti sering diberi tugas untuk membuat kerajinan tangan. Mulai dari kerajinan dari bahan bekas hingga disuruh membeli sendiri bahannya.

Salah satu bahan yan sering kita gunakan untuk membuat kerajinan yaitu kertas. Didunia ini ada banyak sekali jenis kertas mulai dari kertas karton, kertas manila, kertas krep, kertas asturo dan masih banayk yang lainnya.

Tapi kali ini kita akan membahas tentang kertas asturo, mulai dari karateristik kertas asturo, warna, penggunaan, ukuran dan kerajinan tangan menggunakan kertas asturo, simak penjelasan dibawah ini.

Kertas asturo adalah….?

kertas-asturo-adalah

Mungkin dari kalian ada yang bertanya tanya apa sih kertas asturo itu , dan apa perbedaannya dengan kertas lain, kan kelihatannya sama saja dengan kertas-kertas lain. Daripada binggun kuy simak baik-baik penjelasaan berikut

Kertas asturo adalah kertas yang mempunyai 2 warna pada sisi yang berbeda, misal kertas bagian depan mempunyai warna putih, sedangkan sisi lainnya mempunyai warna yang beragam mulai dari kertas asturo warna hitam, warna merah, hijau, kuning dan masih banyak yang lainnya.

Untuk tingkat ketebalannya lebih daripada kertas biasa, meskipun tidak setebal kertas karton. Karena tingkat ketebalannya itulah kertas asturo banyak digunakan untuk hardcover atau penjilidan, media pembelajaran, kerajinan tangan dan masih banyak lagi penggunaan kertas asturo.

Jika digunakan untuk penjilidan maka biasanya kertas asturo akan di lapisi dengan lapisan poly hal ini bertujuan agar asturo tidak mudah menyerap air, sehingga kertas asturo lebih tahan lama, dan awet

Ukuran kertas asturo

ukuran-kertas-asturo

Di berbagai daerah di indonesia, nama kertas asruro sangat beragam, salah satunya yaitu kertas omega. Jika kamu hendak membeli kertas asturo maka tidak bisa memilih ukurannya hal ini karena ukuran panjang dan lebar kertas asturo itu seraga yaitu 60 cm x 40 cm

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami akan menuliskannya juga dalam berbagai ukuran mulai dari centimeter atau cm, milimeter atau mm dan inch atau in

  • Untuk ukuran kertas asturo dalam satuan cm ialah 40 cm X 60 cm
  • Untuk ukuran kertas asturo dalam satuan mm ialah 400 mm X 60 mm
  • Untuk ukuran kertas asturo dalam satuan inch ialah 15,7 inch X 23,6 inch

Jika kamu pernah membaca tentang artikel A3 maka kamu akan tahu bahwa sebenarnnya ukuran kertas asturo itu 2 x lipat dari ukuran kertas jenis A3. Maka dari itu banyak orang yang menyebutkan bahwa kertas asturo disebut juga dengan sebutan double A3.

Harga kertas asturo dan cara mendapatkan kertas asturo

harga-kertas-asturo

Jika kamu hendak membeli kertas asturo maka kamu dapat menjumpai di fotokopi atau toko ATK (alat tulis kantor), atau jika tidak mau ribet maka kamupun dapat membelinya ditoko online.

Semakin mudahnya menemui kertas asturo karena sekarangin ini banyak orang yang meminati kertas asturo untuk dijadikan origami

Untuk harga asturo sendiri masih tergolong murah, per lembarnya berkisar di harga Rp 2000 sampai dengan 5000. Sedankan jika kamu mau membeli 1 pack yang berisi 50 lembar maka kamu cukup mengeluarkan Rp 150.000 samapi dengan Rp 250.000 tergantung kualitasnnya

Penggunaan kertas asturo

penggunaan-kertas-asturo

Sekarang ini kertas asturo semakin banyak peminatnya, meskipun bagi orang awam kertas ini masih kurang familiar. Tetapi penggunaan kertas ini untuk berbagai kepentingan semakin berkembang.
Dibawah ini merupakan penggunaan dari kertas asturo

Kertas asturo untuk penjilidan

Karena bahannya yang tebal maka kertas asturo sering dijadikan untuk cover atau sampul sebuah buku. Dan untuk melindunginya agar lebih tahan lama biasanya kertas asturo dilapisi dengan lapisan poly sehingga tidak mudah menyerap air

Kertas asturo untuk origami

Kertas asturo juga banyak dijual untuk dijadikan origami, meskipun tidak seperti kertas origami. Tetapi kertas asturo juga bisa dijadikan berbagai origami menarik. Bahkan ukuran kertas asturo untuk membuat origami juga sudah banyak dijual dipasaran. Kamu juga bisa membelinya di toko online

Kertas asturo untuk hiasan dinding

Semakin maraknya hiasan dinding yang ada berbagai rumah. Sekarang ini kamu juga bisa membuat hiasan dinding agar rumahmu lebih bagus dan indah. Dari kertas asturo kamu dapat membut seperti bunga, matahari, bintang, bentuk cinta dan berbagai hiasan lain.

Jika kamu bingung bagaimana membuatnya kamu dapat melihat tutorialnya di youtube. Sekarang ini banyak sekali channel-channel yang dapat dijadikan refrensi untuk membuat kerajinan dari kertas asturo.

Kertas asturo untuk anyaman

Jika kamu pernah melihat anyaman di dinding, mungkin itu dibuat dari kertas asturo karena kita tahu bahwa kertas asturo sering dijadikan berbagai kerajinan, begitu juga untuk dibuat anyaman.

Kertas asturo untuk kerajinan tangan

Warna yang cerah menjadi alasan kenapa banyak orang yang menggunakan kertas asturo untuk dijadikan kerajinan tangan. Banyak sekali kerajinan tangan yang dapat dibuat dengan kertas asturo seperti berbagai bunga seperti bunga mawar, bunga matahari dan berbagai bunga lainnya.

Juga dapat dijadikan kotak pensil, kotak menyimpan sesuatu, atau kamu dapat berkreasai sesuia dengan keinginan hatimu.

Warna kertas asturo

warna-kertas-asturo

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali warna didunia ini. Maka kertas asturo juga mempunyai warna yang beragam.

Kertas asturo hitam

Untuk kertas asturo warna ini bagus jika kamu ingin membuat kotak pensil atau kotak penyimpanan. Dengan warna ini maka kotak anda akan terlihat lebih misterius

Kertas asturo merah

Kertas asturo merah cocok sekali untuk dijadikan bunga mawar atau bentuk hati. Karena warna merah identik dengan sisi romantisme. Dengan begitu kamu dapat membuat kerajinan tangan dengan kertas asaturo untuk diberikan ke orang tersayang.

Kertas asturo putih

Tidak ada Kertas asturo putih, karena sesuai dengan pengertian kertas asturo yaitu kertas yang memiliki dua sisi yang berbeda, satu berwarna putih dan sisi lainnya berwarna berbeda. Dengan demikian kertas yang mempunyai dua sisi berwarna putih bukan kertas asaturo tetapi biasa disebut dengan kertas manila.

Kertas asturo hijau

Kertas ini biasanya dijadika hiasan dinding untuk bentuk daun ataupun tumbuhan. Biasanya juga digabungkan dengan kertas asturo merah. Yang merah untuk dijadikan bunga seperti mawar dan kertas hijau dijadikan daunnya.

Kertas asturo gradasi

Gradasi adalah dua warna yang digabungkan sehingga menghasilkan warna yang lebih halus dan tidak merusak warna itu sendiri. Penggabungan warna biasannya hanya dua tetapi juga bisa sampai beberapa warna.

Kertas asturo pelangi

Kita tahu kan bahwa warna pelangi ada 7 yaitu merah, jingga atau orange, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Demikian juga kertas asturo pelangi juga biasanya terdiri dari beberapa warna sehingga seperti pelangi.

Perbedaan kertas asturo dengan kertas karton

Perbedaan mencoloknya dari ketebalan. Kertas karton mempunyai ketebalan lebih daripada kertas manila. Warnanya juga, kertas karton biasanya berwarna coklat pada dua sisinya sedangkan kertas asturo berwarna putih dan berwarna lain pada setiap sisinya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Kertas Asturo. Share artikel ini kepada teman dan orang terdekat mu ya

Dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Kertas Asturo

Tinggalkan komentar