√ 27 Jenis Kopi Asli Indonesia beserta Gambar dan Penjelasannya

√ 27 Jenis Kopi Asli Indonesia beserta Gambar dan Penjelasannya

Jenis kopi – halo hayyyy sobat semua, siapa diantara kalian yang suka minum kopi ?, tahu gak kamu bahwa Indonesi termasuk penghasil kopi terbesar di dunia lho, ada berbagai macam macam kopi di Indonesia yang mempunyai aroma dan rasa khas.

Minuman berwarna hitam yang biasa dicampur dengan gula ataupun susu memang sering membuat orang kecanduan. Kandungan kafein didalamnya membuat kita lebih semangat dan tidak mudah ngantuk.

Dibawah ini merupakan beberapa jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia, tak hanya kopi jenis arabika dan robusta. ada berbagai macam daerah yang menanam kopi dengan menggunakan proses tradisional, silahkan disimak ya :

Jenis kopi arabika gayo

jenis-kopi-arabika-gayo

Jenis kopi pertama yaitu kopi dari dataran tinggi gayo, kopi jenis arabika ini merupakan salah satu komoditi unggulan wilayah tersebut. Kopi dari gayo sumatera ini memang sangat diminati, pada tanggal 27 mei 2010 kopi ini telah mendapat fair trade certifie dari organisasi interasional fair trade.

Tak hanya itu, kopi gayo juga mendapat sertifikat Indikasi Geogafis (IG) yang diberikan oleh Menkumham Indonesia.

Pada saat Event lelang spesial  kopi Indonesia yang diadakan di Bali pada tanggal 2010 di bali, kopi arabika gayo mendapatkan peringkat tertinggi kal cupping score. Semua sertifikasi dan juga prestasi yang didapatkan oleh kopi arabika gayo membuktikan bahwa kopi gayo merupakan kopi organik terbaik dunia.

kopi robusta sidikalang

Kopi-Robusta-Sidikalang

Kenikmatan dari kopi sidikalang memang sudah terkenal di indonesia dan juga dunia, bahkan cita rasanya bersaing dengan kopi brazil, salah satu negara produsen kopi terbaik dunia.

Kopi sidikalang berasal dari sidikalang daerah pegunungan yang sejuk, yaitu ibu kota dari kabupaten dairi di provinsi sumatera utara.

Para ahli menyimpulkan bahwa cita rasa khas yang keluarkan oleh kopi sidikalang berasal dari kombinasi hawa dingin dan juga jenis tanah yang ada di kawasasn bukit barisan, dimana ketinggiannya mencapai 1.500 meter

Provinsi sumatera utara sendiri mempunyai daerah yang terkenal dengan kopi terbaiknya yaitu Sidikalang, Mandaling, dan Lintongnihuta

Jenis kopi lanang

kopi-lanang

kopi selanjutnya yatiu kopi lanang, kopi ini sangat unik karena bentuknya berbeda dengan kopi lain, kopi yang dihasilkan dari jenis kopi arabika dan juga jenis kopi arabika di beri nama lanang karena dalam bahasa jawa mempunyai arti laki-laki dan bentuk kopi ini bulat dan tuggal, tidak terbelah seperti kebanyakan bentuk kopi lainnya.

Jenis kopi arabika flores bajawa

kopi-bajawa

Orang bajawa atau masyarakat yang tinggal didaerah Ngada sudah membudidayakan tanaman kopi sejak dahulu dan lakukan secara turun temurun. Kopi khas ini dibudidayakan oleh orang Bajawa dengan menanamnya dibawah pohon penaung.

Tujuan orang Bajawa menanamnya di bawah pohon penaung ialah agar dapat menjadi pupuk organik, karena kopi khas flores ini sama sekali tidak memakai bahan kimia sama sekali seperti pestisida dan pupuk kimia jadi 100% alami.

Jenis Kopi Rarobang

jenis-kopi-raborang
via : CNN Indonesia

kopi ini merupakan kopi yang berasal dari Maluku Indonesia. kopi ini tidak ada yang berbeda dengan jenis kopi lain, yang membuat kopi ini mempunyai ciri khas tersendiri ialah adanya potongan biji kenarai yang memiliki aroma dan rasa seperti jahe

Jenis kopi robusta pinogu

Kopi-Pinogu

Kopi yang berasal dari Bone, Provinsi Gorontalo, merupakan kopi organik yang menjadi produk unggulan bagi daerah tersebut. Sesuai dengan namanya kopi ini berasal dari kecamatan pinogu, salah satu kawasan yang kaya akan komoditas pertanian. Oh ya, kopi pinogu merupakan campuran dari kopi liberika dan kopi robusta.

Jenis kopi tarutung

Kopi-Tarutung

kopi selanjutnya ialah kopi yang berasal dari tapanuli utara tepatnya di provinsi sumatera utara. Karena kualitasnya yang baik maka tak heran jika kopi ini mendapat pengakuan baik dalam negeri maupun luar negeri

kopi robusta merapi

jenis-Kopi-Robusta-Merapi

Kopi Indonesia selanjutnya ialah kopi robusta khas yang berasal dari Yogyakarta. Kopi ini dibudidayakan di lereng gunung merapi atau 7 km dari puncak gunung, itulah mengapa kopi ini diberi nama kopi merapi

Kopi joss

kopi-joss

Kopi yang masih berasal dari yogyakarta ini merupakan salah satu kopi khas dari wilayah tersebut. Cara penyajian kopi ini cukup unik dan berbeda dengan kopi yang lain.

Penyajian kopi joss ialah dengan dicelupkannya arang panas ke gelas kopi yang telah dibuat, hal inilah yang membuat kopi joss disebut juga dengan kopi arang. Kopi yang ditemukan pada abad ke 19 ini akan menjadi lebih mahal jika semakiin banyak arang yang dicelupkan kedalam kopi.

Jenis kopi malinau

kopi-malinau

Di kalimantan utara, tepatnya di jalan slamet riyadi, tarakan barat terdapat kedai kopi yang menyajikan kopi malainau. Kedai kopi tersebut bernama kedai melyan, yang membuatnya unik ialah para pelanggan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan kopi khas kalimantan ini.

Jenis kopi kintamani

jenis-kopi-kintamani

Kopi yang berasal dari pulau dewata ini merupakan salah satu kopi yang dibudidayakan di atas ketinggian 900 mdpl di kawasan lereng gunung berapi batur. Kawasan kintamani mempunyai jenis tanah entisel dan regusol atau inceptisol.

Kawasan yang mempunyai udara yang dingin dan ditambah dengan curah hujan yang tinggi, kurang lebih selama 6 sampai 7 bulan dalam musim hujan ini membuat kopi kintanami terasa lebih nikmat.

Citarasa yang didapatkan dari kawasan kintanami ialah kopi ini mempunyai aroma citrus dan tingkat keasaman yang rendah, kopi seperti ini sangat diminati oleh pecinta kopi internasional.

Jenis kopi arabika terbentuk dari varietes yang sudah terseleksi, dan ditanam dibawah pohon penaung dengan dikombinasikan tananman lain serta diberi pupuk organik agar bebas dari bahan kimia dan menjaga cita rasa kopi.

Jenis kopi arabika sembalun sajang

jenis-Kopi-Arabika-Sembalun-Sajang

Pernah gak menikmati kopi dipagi hari, terasa nikmat bukan. Kopi arabika sembalun sajang merupakan rekomnedasi kopi yang nikmat untuk mengawali pagi hari sebelum memulai aktifitas harian.

Karena kopi ini menggunakan biji kopi pilihan terbaik yang disangrai (roast) degnan panas medium bahkan telah berstandar eksport sehingga dapat dinikmati tanpa gula.

kopi arabika wamena

jenis-kopi-arabika-wamena

Kopi yang tumbuh di pegunungan jayawijaya wamena ini tidak menggunakan pupuk organik sedikitpun sehingga citarasa kopi masih sangat alami. Kopi arabika wamena juga sudah dikenal hingga ke mancanegara.

Pemerintah daerah yakni dinas perkebunan dan tanaman pangan turut serta dalam pembinanaan petani setempat, mereka bekerja sama dengan amarta dari amerika dalam  mengolah hasil panen para petani.

Kopi arabika uganda

jenis-kopi-uganda

Uganda merupakan nama sebuah negara, dimana disana lah meupakan habitat asli dari coffea canephora atau kopi robusta. Di Uganda kopi jenis lain seperti kopi arabika baru dikenal pada tahun 1990 an

Sekarang ini kopi merupakan komoditas utama perkebunan uganda sejak tahun 1980 dan pemerintah disana gencar-gencarnya untuk mengembangkan kopi robusta, tanaman asli negara tersebut untuk bisa bersaing di kancah internasional.

Jenis kopi sibu sibu

kopi-sibu-sibu

Jensi kopi dari pulau maluku, Indonesia merupakan kopi yang sangat nikmat. Dengan menikmati kopi sibu-sibu kamu dapat merasakan sejarah dan penggalan peradaban Indonesia, mulai dari kenangan terindah hingga terpedih dari negeri kita.

Jenis Kopi arabika priangan

kopi-arabaika-priangan

Java pranger coffe merupakan salah satu kopi dari Indonesia yang sudah mendunia, bahkan dahulu kopi ini menjadi jawara pasar kopi global. Kopi ini sudah terbukti nikmat mulai dari masa penjajahan belanda.

kopi arabika malabar

kopi-arabika-malabar

Menikmati secangkir kopi dipagi hari telah menjadi budaya masyarakat di indonesia, entah orang kota sebelum ke kantor ataupun orang desa sebelum ke sawah atau ladang.

Kopi digemari karena rasanya yang nikmat dan aroma harum yang dihasilkan, semua itu karena jenis dan juga pengolahan kopi sehingga mengeluarkan ke khas an kopi, begitu juga dengan kopi arabika malabar.

Kopi yang berasal dari kelompok petani rahayu, merupakan kopi berkualitas baik. karena para petani disana telah terlatih, mulai dari peyiapan bibit, penananam bakal pohon dan pemeliharaan tanaman dan kebun.

Kopi sasak liseng

Kopi-Sasak-Liseng

Jenis kopi ini merupakan kopi yang diproses dengan cara tradisional sehingga mengeluarkan rasa khas dari sasak lombok, yakni paduan antara kwalitas rasa dan aroma khas dan dihisiasi dengan kemasan dari kopi sasak bercap liseng.

Jenis kopi solok selatan

kopi-solok-selatan-arabika-nikmat-ranah

Kopi yang berasal dari Kabupaten Solok ini merupakan salah satu kopi Indonesia yang telah menembus pasar internasional seperti Italia, Thailand, sampai dengan Australia. Kopi bervarites arabika ini pernah tampil dalam festival kopi arabika di padang

Jenis kopi amungme

jenis-kopi-amungme

Jenis kopi berikutnya ialah kopi dari pulau paling timur Indonesia, pulau papau. Kopi ini juga merupakan kopi yang banyak dicari oleh orang, dan dengan pengolahan yang khas darinya.

Jenis kopi lahat

Kopi-Lahat

Kopi ini merukan kopi yang berasal dari kabupaten Lahat, Sumatera selatan. Kopi yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang nikmat. Jika kamu lewat sana makan jangan lupa untuk mencicipi kopi tersebut.

Jenis kopi lintong

jenis-kopi-lintong

kopi selanjutnya ialah kopi yang berasal dari sumatera utara. kopi ini memlpunyai ciri khas yang unik. Kopi dikenal dengan rasa sayur dan buah-buahan, tetapi ujung terasa manis

Jenis Kopi luwak

kopi-luwak

Kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari sisa kotoroan luwak atau musang. Seduhan kopi luwak mempunyai cita rasa yang berbeda dengan kopi lain, sehingga tidak memungkiri jika kopi ini mempunyai harga yang lebih mahal.

Jenis kopi manggar

kopi-manggar

Merupakan kopi kebanggan dari masyarkat belitung. Kalo kamu singgah di kota tersebut, maka jangan lupa untuk singgah di kedai kopi dan menikmati salah satu kopi khas Indonesia, Kopi Manggar.

Kopi temanggung

kopi-temanggung

Kopi yang berasal dari temanggung merupakan kopi yang sangat disukai oleh masyarakat temanggung, biasanya masyarakat tersebut menikmati kopi di pagi hari sebelum memulai aktifitas

Jenis kopi besemah

kopi-kotok-besemah

Kopi ini merupakan salah satu kopi yang di gemari oleh masyarakat sumatera selatan. Cita rasa yang khas dari kopi ini terasa meninggalkan kesan yang mendalam bagi orang yang meminunnya. terlebih lagi dengan aroma dan rasanya yang gurih, membuat kopi ini cocok untuk mengawali pagimu.

kopi arabika kalosi

Kopi-Arabika-Kalosi

Kopi ini merupakan salah satu kopi yang langka, karena hanya dapat di dua tempat Indonesia dan Brazil. Kopi yang berasal dari Kalosi Kab. Enrekan Sulawesi Selatan pernah mendapatkan juara 1 dalam Indonesia Coffee Speciality pada tahun 2008

Kopi ini sudah diekspor hingga ke beberapa negara di dunia, pasar besar eropa seperti Itali dan Jerman. Selain kopi ini juga telah dikirimkan hingga USA dan Jepang. Masyarkat di sana menyukai kopi ini karena cita rasa dan aroma khas dari  kopi tersebut.

Tak heran jika salah satu kopi dengan harga yang tinggi ini mempunyai harga jual yang tinggi. Terlebih karena kopi alam yang khas dari kopi tersebut.

Jenis kopi lombok

Kopi-Lombok

kopi yang berasal dari desa Prabe memiliki kualitas yang baik karena racikan khas masyarakat sasak disana.

Penggagas sekaligus pemegang lisensi akan kopi ini, bapak Tirte mengatakan bahwa desa prabe telah memproduksi kopi sudah dari 1977, desa yang berada di kecamatan narmada lombok barat ini merupakan salah satu desa penghasil kopi terbaik

itulah beberapa penjelasan mengenai jenis kopi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Jenis kopi

Tinggalkan komentar