√10 Danau Terbesar Di Dunia beserta Gambarnya

√10 Danau Terbesar Di Dunia beserta Gambarnya

10 danau terbesar di dunia – apa kabar kalina semua. danau merupakan salah satu pemandangan alam yang sangat indah.

didunia ini ada banyak sekali danau dari syang berukuran kecil hinggar raksasa, dibawah ini merupakan kumpulan dari danau terbesar didunia, kuy disimak. tetapi sebelumnya kita akan membahas mengenai pengertiannya dulu ya

Pengertian Danau

pengertian-danau

Secara umum pengertian danau yaitu adalah sekumpulan air yang berada dalam suatu wilayah atau daratan yang berupa cekungan ke bawah dalam lingkup yang luas, jika yang kamu ketahui danau itu hanya berupa air tawar maka kamu salah karena di dunia ini juga ada danau air asin.

Sebuah danau pun bisa terbentuk akibat mencairnya gletser (bongkahan es), aliran air sungai yang tegenang dalam cekungan atau juga bisa berupa mata air yang terkumpul dalam jumlah yang banyak.

Tak hanya dari proses alam danau juga bisa terbentuk oleh manusia. Secara umum kita mengenal danau buatan disebut dengan waduk.

Fungsi danau banyak sekali selain untuk penampung air juga dapat digunakan rekreasi, danau juga kerap digunakan untuk olahraga air seperti perahu dayung, renang dan lain sebagainya.

Di bumi yang kita tinggali ini banyak sekali danau besar dan luas baik di dunia maupun di negara kita Indonesia. Salah satu danau terluas yang ada di Indonesia yaitu danau Toba, tak hanya itu danau toba juga termasuk danau terluas di asia tenggara. Lantas danau manakah yang menyandang predikat sebagai danau terluas di dunia ?

Danau terbesar di dunia

Dari banyaknya danau yang ada didunia , negara kanada merupakan negara dengan jumlah danau terbanyak didunia, bahkan beberapa danau besar yang ada di kanada dan amerika serikat masuk dalam kategori great lakes (Danau Besar).

Jika indonesia terkenal dengan danau toba yang mempunyai pulau ditengahnya dan kanada negara dengan danau terbanyak maka finlandia juga tak mau kalah, negara ini mendapat julukan “Tanah Seribu Danau” karena di negara tersebut juga terdapat banyak danau.

Di bawah ini merupakan  daftar dari 10 danau terbesar di dunia berdasarkan luas area dan letak negara danau tersebut serta gambar terupdate dari danau tersebut.

Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan :

Danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan

Danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi

Danau tektovulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme

Danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi

Danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur

Danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air

Danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia

10 – Danau Great Slave

danau-great-slave

Letak/negara : Kanada

Luas Danau : 27.000 km2

Kedalaman Danau : 614 meter

Di urutan kesepuluh ada Danau Great Slave, luas danau yang terletak di Kanada ini sebesar 27 ribu kilometer persegi, danau yang menjadi danau terdalam di Amerika Utara ini mempunyai kedalaman hingga 614 meter.

Nama danau ini diambil dari nama suku Indian Slavey. Dalam danau tersebut banyak terdapat ikan air tawar dan ikan putih, danau ini berjuluk “Ice Lake Rebels” karena dijadikan setting tempat acara Animal Planet.

Danau tersebut juga banyak mengundang para penambang untuk mencari logam mulia emas bahkan berlian. Jika kamu suka sekali naik perahu maka danau ini cocok buat kamu karena danau ini terkenal sebagai syurganya pencinta perahu.

9 – Danau Terbesar Malawi

danau-terbesar-malawi

Luas Danau : 29.500 km2

Letak/negara : Malawi, Mozambik, Tanzania

Kedalaman Danau : 706 meter

Di urutan ke sembilan ada Danau Malawi, sesuai dengan nama danau tersebut kedudukan danau ini terletak di negara malawi dan membentang sampai ke negara tanzania dan mozambik, danau yang mendapat julukan “danau nyasa” ini mempuai luas danau sebesar 29.500 kilometer persegi dengan kedalaman hingga 706 meter

Terletak di Great Rift Valley Danau ini terbentuk oleh pembukaan lembah yang ada di afrika timur, dimana lempen tektonik divergen batas yang ada di afrika ini menjadi dua bagian. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa danau malawi ini terbentuk sendiri sekitar 40000 tahun bahkan hingga kira kira 1 sampai 2 juta tahun.

8 – Danau Great Bear

danau-terbesar-di-dunia-great-bear

Luas : 31.000 km2

Letak/negara : Kanada

Kedalaman : 446 meter

Kembali lagi ke Negara Kanada, di urutan ke delapan ada Danau Great Bear. Danau yang keseluruhan luasnya berada di Kanada ini mempunyai  luas sebesar 31 ribu kilometer persegi, danau ini pun menempati urutan ke empat danau terbesar di Amerika Utara. Danau ini juga mempunyai kedalam mencapai 446 meter.

Danau ini mempunyai bentuk yang unik dimana bentuk danau ini seperti amuba besar dengan 5 lengan. Tak hanya bentuknya yang unik jika musim dingin mulai datang maka danau ini akan menjadi es, bahkan lama es ini mencair sampai delapan bulan.

7 – Danau Baikal

danau-terbesar-baikal

Luas : 31.500 km2

Letak/negara : Rusia

Kedalaman : 1.637 meter

Lanjut ke urutan ke 7, ada danau baikal. Salah satu danau terbesar didunia ini mempunyai luas mencapai 31500 kilometer persegi dan terletak tepat di negara rusia bagian benua asia. Danau baikal merupakan danau terdalam didunia dengan kedalaman mencapai 1637 meter.

Tak hanya itu, dengan besar dan dalam yang tergolong dalam Great Lake, danau ini menjadi danau dengan aliran terderas didunia berdasarkan volume airnya.

Ada beberapa fakta unik di danau besar ini, mulai dari di temukannya satu-satunya spesies anjing laut air tawar, dalam setahun mengalami lebih dari  2000 kali gempa karena pergerakan lempeng bumi, terdapat pohon yang berusia lebih dari 550 tahun yakni pohon cedar dan pohon ini masih berbuah hingga sekarang, dan besar atau luas keseluruhan danau baikal hampir sama dengan negara Belgia.

6 – Danau Tanganyika

danau-terbesar-di-dunia-tangayika

Luas : 32.600 km2

Letak/negara : Burundi, Tanzania, Zambia, Republik Demokratik Kongo

Kedalaman : 1.470 meter

Danau selanjutnya yaitu danau tanganyika, danau yang termasuk danau besar di benua afrika ini mempunyai luas hingga 32.600 kilometer persegi. Untuk kedalamannya sendiri danau tanganyika menempati posisi kedua setelah danau baikal, dengan kedalaman mencapai 1470 meter.

Danau ini berada di empat negara afrika sekaligus yaitu negara republik demokratik kongo, burundi, zambia, dan tanzania.

Fakta unik dari danau ini ialah karena wilayahnya yang besar dan dengan kedalamannya membuat danau ini menjadi “turnover” dari massa air, sehingga air berubah menjadi air yang di kenal dengan sebutan “air fosil” dan bersifat kurang oksigen atau anoksik.

5 – Danau Terbesar di Dunia Michigan

Lake-Michigan

Luas : 58.000 km2

Letak/negara : Amerika Serikat

Kedalaman : 281 meter

Di urutan kelima ada danau Michigan danu terbesar didunia yang hanya ada di satu wilayah negara, yakni Amerika Serikat. Luas dari danau ini mencapai 58000 kilometer persegi, dan dengan kedalaman mencapai 281 meter.

Konon danau ini mirip dengan segitiga bermuda, dimana dalam danau ini banyak terjadi berbagai misteri seperti mulai dari hilangnya kapal, terbaliknya kapal Rosabelle dan hilangnya kapten kapal secara misterius.

4 -Danau Huron

danau-huron

Luas : 59.600 km2

Letak/negara : Kanada, Amerika Serikat

Kedalaman : 229 meter

Danau terbesar nomor empat ini terletak di bagian amerika utara yaitu negara kanada dan amerika serikat, salah satu dari great lakes yang berada di amerika utara, danau huron mempunyai luas area mencapai 59.600 kilometer persegi, dan kedalaman mencapai 229 meter.

Hampir sama dengan danau toba yang mempunyai pulau samosir di tengahnya maka danau huron pun memiliki pulau manitoulin, pulau terbesar di dunia yang berada di tengah danau.

Pulau manitoulin juga mempunyai danau yang mempunyai nama danau manitou dimana di danau tersebut juga terdapat beberapa pulau yang berukuran lebih kecil. Di danau huron ini juga banyak di jumpai beberapa kapal pembawa bijih besi.

3 – Danau Victoria

danau-terbesar-victoria

Luas : 68.870 km2

Letak/negara : Uganda, Kenya, Tanzania

Kedalaman : 84 meter

Jika kamu pernah bermain tts ke 53 maka kamu akan mendapat pertanyaan danau terbesar di afrika, ya danau itu ialah danau victoria. Dengan luas mencapai 68.870  kilometer pesegi danau ini merupakan danau terbesar ketiga di dunia. Kedalaman danau ini mencapai 84 meter.

Danau ini melingkupi tiga negara di benua afrika Timur yakni Kenya, Uganda dan Tanzania. Danau yang menjadi salah satu sumber air sungai nil ini termasuk danau yang paling berbahaya di dunia setidaknya hampir 5000 orang meniggal setiap tahunnya.

Hal ini dikarenakan ganasnya cuaca, kurangnya sumber daya manusia serta keturupukannya sistem informasi yang masih tertinggal. Meskipun demikian danau ini merupakan salah satu penggerak roda bisnis masyarakat sekitar.

2 – Danau Terbesar di Dunia Superior

danau-terbesar-di-dunia-superior

Luas : 82.100 km2

Letak/negara : Kanada, Amerika Serikat

Kedalaman : 406 meter

Selanjutnya di urutan ke dua danau terluas di dunia ada danau superior, danau ini merupakan danau air tawar terbesar di dunia, dengan luas total mencapai 82.100 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 406 meter.

Danau ini terletak di wilayah Amerika Utara tepatnya di negara kanada dan amerika serikat. Danau yang besarnya sama dengan negara  Republik Czech ini mempunyai legenda yang menakutkan, yaitu barang siapa yang tenggelam di danau tersebut maka mayatnya tak akan pernah bisa di temukan.

Legenda ini bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan danau ini lebih dingin dibandingkan dengan danau yang lain. Danau yang termasuk kedalam kategori great lakes ini juga mempunyai beberapa pulau di tengahnya, pulau royale merupakan pulau terbesar yang ada di tengah danau superior.

di antara Great Lakes yang terdiri dari danau-danau dengan ukuran besar di wilayah Amerika Utara, Danau superior merupakan danau yang paling luas. Wilayah perairannya berbatasan langsung dengan kota-kota di Amerika Serikat seperti Minnesota, Wisconsin, Michigan dan Minnesota, sedangkan di negara kanada berbatasan dengan kota Ontario.

1 – Laut Kaspia

laut-kaspia

Luas : 371.000 km2

Letak/negara : Kazakhstan, Rusia, Azerbaijan, Turkmenistan, Iran

Kedalaman : 1.025 meter

Di urutan pertama danau terbesar di dunia yaitu Laut Kaspia, mungkin dari kalian akan bertanya mengapa laut kaspia yang mempunyai nama “laut” bisa disebut danau. Meskipun bernama laut kaspia tetapi para ahli mengkategorikan laut ini sebagai laut.

Luasnya sebesar 370 ribu kilometer dengan kedalam mencapai 1 ribu meter lebih, dengan wilayahnya yang luas, laut kaspia berbatasan dengan negara azebaijan, rusia , Kazakhstan, Iran dan Turkmenistan.

Penyebab danau ini disebut laut karena memiliki ciri-ciri seperti laut pada umumnya seperti rasa airnya yang asin dan dikelilingi oleh daratan berpasir seperti pantai pada umumnya. Hal tersebut lah yang menyebabkan danau ini disebut laut. Danau ini terletak di benua asia dan eropa, dengan pegunungan Ural disebelah barat dan barat daya.

Nah itulah daftar lengkap 10 danau terbesar dan terluas di dunia berdasarkan total luas area tiap danau di dunia. Laut Kaspia masih dinobatkan sebagai danau paling besar di dunia, sementara Danau Superior menjadi danau air tawar terbesar di dunia.

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

Danau Terbesar Di Dunia

Tinggalkan komentar