Bahan Polyester – Karakteristik Kain, Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan Polyester – Karakteristik Kain, Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan polyester – halo haii sobat semua, pernah gak kamu beli pakaian, baju atau celana misalnya. Pastinya kamu ingin mempunyai pakaian yang nyaman digunakan, tapi apakah kamu tahu kain apa yang digunakan oleh pakaianmu.

Dengan mengetahui kain yang digunakan tentunya kamu akan tahu kelebihan dan kekurangan serta karesteristik dan bagaimana cara merawat bahan tersebut, sehingga akan membuat pakaianmu bisa tahan lama dan warnanya tidak cepat pudar.

Dalam dunia tekstil, kain dibagi menjadi dua yaitu kain sintetis dan juga kain non-sintesis, sintesis ialah kain yang berasal dari bahan alami seperti kapas, sutera ataupun wol. Sedangkan kain non-sintsis ialah kain yang berasal dari proses kimiawi.

Salah satu bahan kain yang berasal dari bahan sintetis adalah kain polyester, polyester berasal dari dua kata yakni polymer dan ester, polymer yang mempunyai arti plastik dan ester yaitu percampuran alkohol, asam karboksilat dan juga minyak bumi.

mungkin kamu belum familiar dengan kain tersebut, tetapi sebenarnya kain tersebut sering kita jumpai di pakaian yang kita pakai, kalo gak percaya coba kamu lihat detail komposisi yang ada i tag merek pakaianmu disana pasti kamu akan menjumpai kandungan bahan polyester.

Tak hanya dipakaian kita juga bisa menjumpai kain polyester pada selimut, sprei, sofa serta tali makerame.

Dibawah ini, saya akan menjelaskan tentang karesteristik bahan polyester, tipe-tipe kain polyester, kelebihan bahan polyester, kekurangan kain polyester, dan manfaat kain polyester

Tipe-Tipe Bahan polyester

tipe-bahan-polyester

Ada beragam tipe dari kain polyester, dibawah ini merupakan tipe-tipe dari bahan polyester

PET

PET merupakan singkatan dari Ethylene terephthalate yakni jenis serat yang biasanya digunakan untuk kain utama pembuatan kain. Keuntungan dari kain ini adalah dapat didaur ulang dan proses produksi yang tidak membutuhkan waktu yang lama

PCDT

Meskipun jenis kain ini tidak sepopuler PET, tetapi kain ini mempunyai elastifitas dan ketahanan yang lebih dibandingkan PET. Maka dari itu kain ini biasanya biasa digunakan untuk tekstil berat seperti tirai maupun jenis aksesoris lainnya.

Karakteristik bahan polyester

karakteristik-kain-polyester

Kain polyester merupakan kain yang berasal dari bahan sintesis sehingga mempunyai ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengang kain yang berasal dari bahan alami seperti katun dan sutera. Tak hanya itu, kain polyester juga tahan terhadap kuman dan bakteri lho.

Bahannya juga tidak mudah berkerut meskipun kamu tekuk atau kamu gunakan seharian, jadi kita tak perlu lagi untuk susah-susah untuk menyetrikanya. Dan juga kain polyester juga tidak mudah nyusut  dan juga tidak mudah melar. Sehingga pakaian dari kain polyester ini mempunyai bentuk yang terlihat seperti baru.

Karena berasal dari plastik otomatis kain polyester jadi tahan air dan juga cepat kering jika kamu cuci. Meskipun demikian kain polyester juga memiliki kekurangan seperti sirkulasi udara yang kurang baik sehingga membuat kita cepat gerah karena tidak mudah menyerap keringat.

Karean bahannya yang juga tidak mudah menyerap keringat sehingga mungkin beberapa kulit yang sensitive akan mudah terkena iritasi.

Kelebihan bahan polyester

kelebihan-kain-polyester

Ada berbagai kelebihan yang berasal dari bahan sintesis ini, silahkan simak dibawah ini :

Bahan Polyester Tahan lama

Kelebihan yang pertama ialah kain polyester memiliki daya tahan yang tinggi sehingga dapat bertahan lebih lama dibandingakan dengan jenis kain lainnya Seperti katun ataupun wol. Hal ini karena kain polyester dibuat  dari campuran kimiawi.

Kain Polyester Tidak mudah berkerut

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan polyester merupakan bahan yang berasal dari bahan non alami, sehigga mempunyai karesteristik yang berbeda dengan jenis kain yang lainya. Kelebihan yang kedua ialah kain polyester tidak mudah berkerut.

Meskipun kamu lipat atau kamu remas-remas. Dengan kelebihannya membuat kita tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyetrikanya. bahan polyester juga tidak mudah melar dan terkesan licin

Tahan air dan cepat kering

Kelebihan selanjutnya ialah kain polyester apabila kita cuci dan dijemur akan cepat kering. Hal ini karena kain polyester yang berasal dari campuran plastik dan juga minyak bumi sehingga tidak mudah menyerap air

Anti bakteri, kuman dan bahan kimia

Kelebihan yang lainnya yaitu bahan ini anti kuman dan bakteri serta bahan kimia yang membuat kain polyester tidak mudah rusak.

Kekurangan bahan polyester

kekurangan-bahan-polyester

Dengan segala kelebihan yang dipunyai bahan polyester, tentunya ada beberapa kekurangan didalamnya berikut, merupakan kekurangan dari kain polyester.

Sirkulasi udara kurang baik

Karena kain polyester dari kain sintetis sehingga mempunyai tekstur yang rapat. Hal inilah yang menyebabkan sirkulasi udara kurang baik, sehingga kain polyester tidak mudah untuk menyerap keringat

Bahan sintesis yang berasal dari plastik memang sirkulasi udaranya kurang baik, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa plastik itu tahan air dan sangat rapat

Mudah terbakar

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan polyester berasal dari plastik dan minyak bumi. Sehingga kain polyester mudah terbakar. Maka dari kamu jangan memakai dan menaruh kain polyester dekat api. Selain mudah terbakar, hal tersebut juga karena dapat menyebabkan kain polyester menyusut.

Maka dari itu kamu gak boleh menyetrika kain polyester dengan panas berlebih atau merendam dan mencuci dengan air hangat atau panas. Setrikalah pakaian kain polyester dengan tempertur rendah atau lapisi pakain berbahan polyester dengan kain lain agar tidak terkena pakaian secara langsung

Mudah terkena iritasi

Karena bahan utamanya dengan bahan kimia ditambah lagi sirkulasi udara kurang baik membuat kain polyester dapat menyebabkan kulit iritasi. Meskipun itu semua tergantung sensifitas kulit orang yang memakainya

Jika kamu mempunyai kulit yang mudah terkena iritasi atau sensitif maka agar lebih hati-hati dalam menggunakan pakaian yang berbahan polyester, jika sudah terasa tidak nyaman lepasakan pakainan berbahan polyester dan gantilah dengan pakaian dari kain lainnya seperti katun ataupun wol

Manfaat bahan polyester

manfaat-kain-polyester

Dengan berbagai kelebihan yang ada terdapat di bahan polyester tentunya kain ini sering digunakan untuk berbagai keperluan, dibawah ini merupakan manfaat penggunaan dari kain polyester.

Pakaian

Di Indonesia sendiri kain polyester banyak diminati untuk dijadikan kain pakaian, seperti jilbab, baju, kaos dan juga celana. Pembuatan pakaian dengan menggunakan kain polyester biasanya dicampur dengan bahan lain seperti katun

Pencampuran bahan bertujuan agar pakaian dapat mempunyai karesteristik sesuai dengan yang diharapkan, karena ada beberapa kekurangan kain polyester yang menjadi kelebihan kain katun.

Seperti yang telah kita tahu bahwa salah satu kelebihan kain polyester ialah cepat kering dan tidak mudah berkerut dan kekurangannya yaitu tidak mudah menyerap keringat dan bisa menyebabkan iritas.

maka jika kain polyester dicampur dengan kain katun akan menghasilkan kain yang lebih baik seperit tidak mudah berkerut, cepat kering, mudah menyerap keringat dan tidak menimbulkan iritasi

Perlengkapan rumah

Bahan polyester juga biasa digunakan untuk berbagai interior rumah seperti sofa, tirai, dan juga selimut. Pemilihan kain polyester karena ketahanan yang lebih lama dibandigkan dengan kain jenis lainnya. Ditambah lagai harganya yang murah dibandingkan dengan kain lain.

Kain sintesis memang mempunyai daya tahan yang lebih baik daripada kain non-sintesis, hal ini kandugan didalamnya, seperti yang kita keahui bahwa plastik (bahan utama kain polyester) tidak akan terurai sampai ratusan tahun

Perawatan Kain polyester

perawatan-kain-polyester-spandek

Jika kamu mempunyai pakaian atau apapun yang berbahan polyester maka kamu harus berhati-hati dalam merawatnya. Dengan perawatan yang baik maka pakaianmu akan lebih awet dan juga tahan lama.

Pertama-tama yang kamu perhatikan adalah saat mencuci, usahakan untuk tidak mencuci dengan air hangat atau  panas karena kita tahu bahwa kain polyester tidak tahan terhadap panas. Selanjutnya rendam dengan air bersih yang sudah dicampur deterjen.

Setelah itu kucek pada bagian yang kotor, terutama pada bagian kerah dan lengan. Setelah selesai dicuci bilas sampi bekas deterjen hilang dan jemur pakaian dengan bagian dalam diluar dan bagian luar didalam.

Jika sudah kering, sertika pakaian menggunakan temperatur rendah karena kita tahu bahwa kain polyester tidak mudah berkerut tetapi tidak tahan terhadap panas berlebihan. Atau kamu bisa melapisinya dengan tambahan kain agar panas dari setrika tidak langsung mengenai polyester

itulah penjelasan mengenai bahan Polyester, share atau bagikan artikel ini kepada orang terdekatmu dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir

bahan polyester

Tinggalkan komentar